Optimalisasi Layanan Perpustakaan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.

NURAINI, ELA (2019) Optimalisasi Layanan Perpustakaan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ELA NURAINI_T20153010.pdf

Download (7MB)

Abstract

Layanan perpustakaan merupakan kegiatan penyediaan jasa yang dilakukan oleh pihak perpustakaan dalam rangka memenuhi kebutuhan pemustaka. Layanan perpustakaan merupakan kegiatan penting yang dapat meningkatkan minat baca siswa. Layanan yang baik akan memberikan rasa nyaman kepada siswa dan menimbulkan keinginan untuk terus berada di perpustakaan. Selain itu layanan perpustakaan yang baik juga dapat meningkatkan minat baca siswa. Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana optimalisai layanan sirkulasi dalam menumbuhkan minat baca siswa di perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?, 2) Bagaimana Optimalisasi layanan ruang baca dalam menumbuhkan minat baca siswa di perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan optimalisai layanan sirkulasi dalam menumbuhkan minat baca siswa di perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, 2) Mendeskripsikan Optimalisasi layanan ruang baca dalam menumbuhkan minat baca siswa di perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah-langkah: 1) Pengumpulan data 2) Kondensasi Data, 3) Penyajian Data 4) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: 1) Upaya pengoptimalan yang dilakuka oleh perpustakaan MAN 2 Jember dalam bidang layanan sirkulasi yaitu pada kegiatan peminjaman dan pengembalian, pihak perpustakaan MAN 2 Jember telah menerapkan SOP yang jelas. Selain itu, MAN 2 Jember menerapkan waktu peminjaman selama satu tahun untuk koleksi buku nonfiksi seperti pelajaran sedangkan untuk buku fiksi seperti novel selama tiga hari. Siswa bisa melaukan perpanjangan terhadap buku yang dipinjam sedangkan untuk keterlambatan pengembalian, sanksi yang diberikan yaitu berupa uang senilai Rp. 500,- per hari. Selain itu, perpustakaan MAN 2 Jember juga mulai menerapkan sistem komputerisasi dalam layanan sirkulasi tetapi masih bertahap. 2) Optimalisasi layanan ruang baca yang dilakukan oleh pihak MAN 2 Jember yaitu dengan menyediakan fasilitas membaca memadai dan mampu memenuhi kebutuhan siswa. Hal ini dilihat dari tersedianya berbagai fasilitas yang ada di perpustakaan yang mampu menjadi pendorong dalam peningkatan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30429

Actions (login required)

View Item View Item