Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Ekstrakurikuler BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Pada Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember.

TOHA, M. (2019) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Ekstrakurikuler BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Pada Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
M. TOHA_ 084 148 020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah usaha yang sistematis dan pragmatis yang berupa bimbingan jasmani dan rohani demi terwujudnya pribadi yang utama yang mempunyai pandangan hidup demi keselamatan dunia dan kesejahteraan akhirat berdasarkan ajaran dan syari’at Islam. Berangkat dari pemikiran itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul ”Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Ekstrakurikuler BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Pada Siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember” Fokus penelitian 1) Bagaimana perencanaan peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui ekstrakurikuler BTQ pada siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah ? 2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui ekstrakurikuler BTQ pada siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah ? 3) Bagaimana evaluasi peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui ekstrakurikuler BTQ pada siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah ? Berdasarkan fokus penelitian di atas, tujuan penelitian harus mengacu kepada masalah-masalah yang telah dirumuskan. 1) Untuk mengetahui perencanaan peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui ekstrakurikuler BTQ pada siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui ekstrakurikuler BTQ pada siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. 3) Untuk mengetahui Bagaimana evaluasi peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui ekstrakurikuler BTQ pada siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Sumber yang digunakan terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan interview. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tiga triangulasi yaitu: triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian 1) pembentukan kelompok belajar, menentukan jadwal piket harian tiap kelompok, menentukan metode pembelajaran, dan menentukan sumber belajar. 2) Pelaksanaan urutan kegiatan pembelajaran secara umum yang dilakukan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yaitu 5P yang berisi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 3) evaluasi kemampuan 1) evaluasi harian, 2) evaluasi kenaikan buku, 3) evaluasi akhir munaqosyah, selain itu juga bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Kata Kunci: PAI, BTQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item View Item