Pengelolaan Arsip Kesiswaan Berbasis Digital Di MAN 2 Jember.

SHALAITA, YURIDA AYU (2019) Pengelolaan Arsip Kesiswaan Berbasis Digital Di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
YURIDA AYU SHALAITA_T20153006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan arsip kesiswaan berbasis digital adalah mengelola arsip (kumpulan data dan catatan) yang diciptakan (dibuat, diterima dan disimpan) yang berhubungan dengan kegiatan peserta didik mulai dari penerimaan peserta didik sampai peserta didik tamat dari sekolah dengan menggunaka format atau program berbentuk aplikasi (digital). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Arsip Kesiswaan Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?. 2) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pengarsipan Siswa Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?. 3) Bagaimana Proses Pengawasan Arsip Kesiswaan Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Arsip Kesiswaan Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 2) Mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Pengarsipan Siswa Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 3) Mendeskripsikan Proses Pengawasan Arsip Kesiswaan Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif Miles dan Hunberman pengumpulan data, kondensasi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik waktu. Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan 1) Kepala Sekolah dalam pengelolaan arsip kesiswaan berbasis digital ini harus melaksanakan tugas kepala sekolah seperti biasanya yaitu sebagai edukator, sebagai manajer yang lebih menjalankan fungsi manajemen mulai dari merencanakan program dengan merinci kebutuhan pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan yang akan melaksanakan tugasnya. Kepalah Madrasah mempunyai RKM program kerja 4 tahunan yaitu menyusun visi, misi dan tujuan bersama dengan komite madrasah. Untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan hal tersebut maka sudah tercatat dalam RKAM 10 tahunan, lalu sebagai administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. 2) proses pelaksanaan arsip kesiswaan berbasis digital menerima dokumen dari peserta didik, mencatat dan memilah-milih, mana data yang penting dan mana data yang tidak penting, menyeleksi peserta didik, memasukkan identitas peserta didik kedalam buku nomor induk berupa aplikasi, selalu menyiapkan daftar kehadiran (presensi) untuk siswa, setelah itu di rekap kedalam aplikasi, menscane ijazah ataupun SKHUN bagi siswa yang sudah lulus dari sekolah.3) pengawasan pada pemeliharaan yaitu pengecekan data, Selalu mengupdate akan adanya perubahan agar bisa di migrasi menjadi program baru dan harus membackup data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30432

Actions (login required)

View Item View Item