Problematika Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mahmudah, Eka (2019) Problematika Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Eka Mahmudah _084158005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Tematik, Kuikulum 2013 Kurikulum 2013 merupakan peningkatan dan keseimbangan antara beberapa kompetensi, yaitu kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sesuai dengan amanat UU no. 20 tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan pasal 35, yaitu kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Terkait dengan hal tersebut, MI Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan sudah menerapkan kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui: 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di MI Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan tahun pelajaran 2018/2019; 2) Bagaimana problematika pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di MI Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan tahun pelajaran 2018/2019; 3) Bagaimana solusi pihak madrasah dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di MI Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Hubermen. Analisis data ini meliputi kegiatan kondensasi data (condensation), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ar Rahman Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan sudah melaksanakan pembelajaran tematik namun hanya diterapkan di kelas 1, 2, 4 dan 5. Pelaksanaan pembelajaran tematik ada tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Problematika yang dialami guru dan siswa diantaranya: 1)pengelolaan kelas kurang maksimal, 2)kemampuan baca dan tulis yang lambat, 3)metode kurang bervariasi, 4)buku ajar kurang memadai, 5)pembuatan RPP tematik. Solusi yang ditempuh pihak madrasah dalam mengatasi problematika tersebut antara lain : 1)diskusi dengan guru kelas yang lain, 2)memberikan jam tambahan untuk siswa, 3)memilih metode, strategi dan media yang tepat, 4)guru harus memahami RPP yang telah dibuat, 5)guru mencari sumber belajar lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item