Miskonsepsi Siswa Quitters dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic

Kusuma, Adinda Dwi Raysha Adis (2023) Miskonsepsi Siswa Quitters dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARTIKEL ADINDA DWI RAYSHA ADIS KUSUMA_201101070002.pdf

Download (17MB)

Abstract

Memahami miskonsepsi siswa pada materi aljabar penting dilakukan agar dapat menentukan langkah perbaikan sehingga siswa tidak melakukan kesalahan yang berkelanjutan dalam pembelajaran aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa, khususnya siswa quitters, dalam menyelesaikan soal aljabar. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Argopuro Panti yang termasuk dalam tipe quitters. Instrumen yang digunakan adalah angket adversity quotient, instrumen tes two-tier multiple choice diagnostic, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa miskonsepsi yang dilakukan siswa quitters, yaitu: 1) dalam mengerjakan soal pengurangan bentuk aljabar, siswa hanya mengurangi suku pertamanya saja; 2) siswa mengalami miskonsepsi dalam mengoperasikan bilangan; 3) siswa mengalami miskonsepsi mengenai pola untuk perpangkatan aljabar; dan 4) siswa melakukan kesalahan konsep dalam menggunakan sistem coret. Untuk mengatasinya guru dapat memberikan penjelasan yang akurat, penggunaan model pembelajaran yang tepat, serta mengingat kembali materi prasyarat siswa sebelum mempelajari materi baru. Dengan mengidentifikasi miskonsepsi siswa dalam mengerjakan soal aljabar, guru dapat melakukan upaya untuk mengoreksi dan memperbaiki pemahaman siswa yang kurang tepat.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Siswa Quitters, Aljabar, Two-Tier Multiple Choice Diagnostic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Adinda Dwi Raysha Adis Kusuma
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:30
Last Modified: 18 Dec 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item