Implementasi Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Fathul Qorib Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hasanah, Ulfatul (2019) Implementasi Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Fathul Qorib Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Ulfatul Hasanah_T20151276.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi berdasarkan melihat dari hasil belajar siswa yang kurang maksimal dan pemahaman siswa yang kurang optimal membuat hasil belajar tidak sesuai dengan tujuan yang di harapkan. Kondisi seperti ini muncul karena seorang guru kurang bisa mengemas bahan materi pelajaran menjadi semenarik mungkin dan proses belajar yang cepat menyebabkan siswa jenuh dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya hal tersebut, adanya pembelajaran kitab Fathul Qorib sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqih melalui kitab Fathul Qorib di MTs Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui kitab Fathul Qorib di MTs Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih melalui kitab Fathul Qorib di MTs Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran fiqih melalui kitab Fathul Qorib di MTs Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, lokasi penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Khussoh Al-Barokah Padasan Pujer Bondowoso dan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive, metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran selain mempersiapkan RPP sebagai pedoman pembelajaran, guru juga mempersiapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran. 2) Untuk pelaksanaan pembelajaran, guru membuka pelajaran, menyampaikan isi materi, dan menutup pelajaran. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi. Untuk media yang digunakan adalah papan tulis, kapur, LCD, buku, dan kamus arab-indonesia. 3) Evaluasi menggunakan tes tulis dan uji praktek. Untuk ujian praktek membaca kitab dilakukan setiap pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa paham dan mengerti siswa terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item