Persepsi Guru Tentang Penyelenggaraan Muadalah Dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Santri Di Pesantren Amanatul Ummah Surabaya Tahun 2017/2018

ahlul adnin, ahmad (2018) Persepsi Guru Tentang Penyelenggaraan Muadalah Dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Santri Di Pesantren Amanatul Ummah Surabaya Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Ahlul Adnin_084 141 376.pdf

Download (8MB)

Abstract

Di Indonesia pada dekade akhir-akhir ini. peserta didik mengalami krisis moral. Sebuah krisis yang menyerang generasi mudah, khususnya pada usia sekolah. Anak muda Indonesia saat ini mengalami krisis moralitas dan intelektualitas dalam level yang mengkhawatirkan. Kasus pembunuhan seorang mahasiswi di Jakarta yang ironisnya dilakukan oleh mantan pacar korban bersama pacar barunya adalah contoh kasus terbaru. Pendek kata, anak muda kita sedang mengalami krisis moralitas. Fakta lain bisa disebut: tawuran, penyalahgunaan narkoba, seks bebas daan sebagainya. Dan ada yang lebih parah akhir-akhir ini di Surabaya sendiri ada kejadian tindak kejahatan berupa terorisme, yang pelakunya yaitu orang islam dan anak-anak yang masih sekolah menjadi pelaku. Dengan adanya pesantren Muadalah diharapkan dapat memberikan ilmu keagamaan yang mana bisa membentuk karakter cinta tanah air kepada para generasi muda ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian memfokuskan pada; 1) Bagaimana persepsi guru tentang kurikulum pada pesantren muadalah dalam membentuk karakter cinta tanah air santri di pesantren Amanatul Ummah Surabaya tahun 2017/2018?; 2) Bagaimana persepsi guru tentang kegiatankegiatan pada pesantren muadalah dalam membentuk karakter cinta tanah air santri di pesantren Amanatul Ummah Surabaya tahun 2017/2018?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan persepsi guru tentang kurikulum pada pesantren muadalah dalam membentuk karakter cinta tanah air santri di pesantren Amanatul Ummah Surabaya tahun 2017/2018; 2)Mendeskripsikan persepsi guru tentang kegiatan-kegiatan pada pesantren muadalah dalam membentuk karakter cinta tanah air santri di pesantren Amanatul Ummah Surabaya tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data mengguanakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Persepsi guru tentang Muadalah adalah sebuah pendidikan yang non formal yang memberikan ilmu keagamaan.. Penanaman karakter cinta tanah air dalam kurikulum Muadalah bisa diaplikasikannya dengan mempelajari karya-karya ulama’ Nusantara. Dan dalam pembelajaran guru juga memberikan pemahaman dan memberikan contoh-contoh yang real kepada santri terhadap masalah-masalah yang actual. 2) kegiatankegiatan dalam Muadalah dalam membentuk karakter cinta tanah air bisa dilihat dari kegiatan apel pagi atau pengibaran bendera, mendatangkan para tokoh negara maupun di luar negara, merayakan hari nasional seperti 17 agustusan dan memajang symbol-simbol Negara seperti foto presiden dan wakil presiden, pancasila dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30439

Actions (login required)

View Item View Item