“Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

GHOZALIA, NUR (2018) “Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NUR GHOZALIA_084 144 056.pdf

Download (16MB)

Abstract

Salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan adalah proses pembelajaran. Dalam hal ini, pendidik/ guru menjadi pihak yang paling bertanggung jawab dalam pengelolaan pembelajaran. Diantaranya dalam menyajikan dan menyampaikan materi pengetahuan atau bidang studi dengan tepat, guru dituntut menguasai strategi atau metode mengajar dengan baik. Maka dari itu, pembelajaran cooperative learning berpengaruh pada sikap-sikap positif siswa terhadap teman-temannya meskipun mereka berasal dari ras suku dan latar sosial yang beragam serta memiliki kebutuhan tersendiri. Ada kalanya proses pembelajaran terasa membosankan karena metode pembelajaran yang digunakan guru tergolong monoton dengan demikian metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation diharapkan dapat menanggulangi permasalahan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana hasil perencanaan metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (gi) pada pembelajaran tematik di kelas iv madrasah ibtidaiyah negeri 3 jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (gi) pada pembelajaran tematik di kelas iv di madrasah ibtidaiyah negeri 3 jember tahun pelajaran 2017/2018? 3) bagaimana evaluasi metode pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (gi) pada pembelajaran tematik di kelas iv di madrasah ibtidaiyah negeri 3 jember tahun pelajaran 2017/2018?. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian menggunakan pendekatan kualitatitif jenis deskriptif yag masuk pada penelitian lapang (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Penelitian ini mempperoleh kesimpulan. 1) perencanaan metode pembelajaran coperative learning tipe group investigation pada pembelajaran tematik guru membuat RPP yang berpedoman pada silabus dan menyiapkan beberapa media guna mempermudah pemahaman siswa. 2) pelaksanaan metode pembelajaran coperative learning tipe group investigation pada pembelajaran tematik memiliki beberapa tahapan diantaranya meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 3) evaluasi metode pembelajaran coperative learning tipe group investigation pada pembelajaran tematik guru menggunakan penilaian oautentik yang mana penialain aotenti disisni menggunakan penilaian proyek, penilaian kinerj dan penilaian tertulis dan dari tiga tahapan tersebut mencangkup tiga ranah yaitu ranah kognitif, afekti, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30440

Actions (login required)

View Item View Item