IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DAN KLASIKAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SLB-A TAMAN PENDIDIKAN ASUHAN (TPA) PATRANG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sulissatul, Hasanah (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DAN KLASIKAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SLB-A TAMAN PENDIDIKAN ASUHAN (TPA) PATRANG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sulissatul Hasanah.pdf

Download (13MB)

Abstract

Keterbatasan fisik dan kemampuan daya ingat siswa dalam memahami
materi pelajaran PAI adalah salah satu yang menjadi alasan dalam pemilihan judul
penelitian ini. Metode pembelajaran individual dan metode pembelajaran klasikal
adalah penggabungan metode pembelajaran yang digunakan di SLB-A Taman
Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang-Jember tahun pelajara 2016/2017.
Fokus penelitian dalam skripsi ini meneliti mengkaji 2 pembahasan yaitu :
(1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran individual dan klasikal pada mata
pelajaran PAI di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang-Jember tahun
pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana hasil pembelajaran individual dan klasikal pada
mata pelajaran PAI di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang-Jember
tahun pelajaran 2016/2017?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran individual dan klasikal pada mata pelajaran PAI di SLB-A Taman
Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang-Jember tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk
mendeskripsikan hasil pembelajaran individual dan klasikal pada mata pelajaran PAI
di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang-Jember tahun pelajaran
2016/2017.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SLB-A
Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang-Jember. Penentuan informan
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan:
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tiga
langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Penggabungan dua metode ini yaitu metode
pembelajaran individual dan metode pembelajaran klasikal dianggap lebih mudah
diterapkan karena siswa tunanetra memiliki kekurangan pada panca indera mereka
dan mengandalkan indera pendengaran mereka dalam menerima materi yang
disampaikan oleh guru mata pelajaran PAI. (2) Di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan
TPA Patrang-Jember sudah bisa dikatakan berhasil dalam hasil pembelajaran karena
kriteria hasil pembelajaran pada mata pelajaran PAI yang meliputi keefektifan,
efisiensi dan daya tarik siswa terhadap mata pelajaran PAI sudah mampu terpenuhi
dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:46
Last Modified: 18 Dec 2023 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item