Internalisasi Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Sabieliel Mutaqien Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Munawaroh, Lailatul (2020) Internalisasi Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Sabieliel Mutaqien Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Lailatul Munawaroh_084141109.pdf

Download (3MB)

Abstract

Internalisasi berarti menekankan pada aspek sikap atau tingkah laku siswa. Sehingga tercermin hasil belajar agama itu dalam dalam proses pembelajaran dan perilaku sehari-hari. Sedangkan pendidikan Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter religius siswa yaitu penddikan Aqidah meliputi iman kepada Allah, iman kepada malaikat Allah, iman kepada kitab Allah, iman kepada hari akhir, iman kepada qodo’ dan qodar. Adapun pendidikan Akhlak meliputi Akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada lingkungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter religius yaitu melalui pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Proses Internalisasi Pendidikan Aqidah Akhlak dalam membentuk Karakter religius Siswa di MTs Sabielil Muttaqien Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Apa Kontribusi Pendidikan Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Relegius Siswa MTs Sabiliel Mutaqqin Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Proses Internalisasi Pendidikan Aqidah Akhlak dalam membentuk Karakter religius Siswa di MTs Sabielil Muttaqien Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2) Mengetahui Kontribusi Pendidikan Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Relegius Siswa MTs Sabiliel Mutaqqin Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah field research karena data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang diperoleh dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi secara pertisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Proses internalisasi dalam membentuk karakter relegius di Mts Sabiliel Mutaqqin yaitu dimulai dari mengenalkan nilai-nilai yang berasal dari ajaran islam, menciptakan budaya religius, memberikan teladan, membiasakan hal-hal kebaikan, menegakkan disiplin, memberikan motivasi serta menyemarakkan kegiatan-kegiatan dalam bidang keagamaan. 2) Kontribusi Pendidikan Akidah Akhlak yang diinternalisasi dalam Membentuk Karakter Relegius siswa maupun siswi di MTs Sabielil Mutaqien yaitu melalui kegiatan keagamaan (budaya salaman, solat duha berjamaah, solat dzhur berjamaah, dan solat jumat berjamaah dan baca tulis AlQur’an, dengan adanya kegiatan tersebut, untuk mempermudah untuk membentuk karakter religius pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30442

Actions (login required)

View Item View Item