Meningkatkan Kemampuan bahasa anak usia dini Melalui membaca dan menulis pemula di Raudhatul Athfal Al-Munajat Jatisari Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

muawanah, ms (2019) Meningkatkan Kemampuan bahasa anak usia dini Melalui membaca dan menulis pemula di Raudhatul Athfal Al-Munajat Jatisari Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUAWANAH_T201511135.pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan bahasa. Kegiatan pembelajaran membaca dan menulis pemula adalah salah satu kegiatan bermain yang menggunakan gambar dan kata. Kegiatan ini melatih anak menggunakan konsentrasi anak dalam mengenal huruf melalui gambar dan konsentrasi menulis dalam rangka meningkatkan bahasa anak, dimana terdapat sebagian anak yang kemampuan bahasa anak seperti menyebut gambar, memasangkan huruf dan gambar, dan masih banyak yang lainnyamasih belum maksimal. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis pemula dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak di RA Al- Munajad kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2)upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui pembelajaran membaca dan menulis pemula pada anak usia dini di RA Al-Munajad Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan meningkatkan kemampuan bahasa melalui membaca dan menulis pemula pada anak usia dini di RA Al-Munajad Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis pemula dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak di RA Al-Munajad Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan lokasi penelitian ini di RA Al-Munajad Kabupaten Jember, penentuan informan manggunakan purposive. Tehnik Pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui pembelajaran membaca dan menulis pemula pada di RA Al-Munajad Jember Tahun Pelajaran 208/2019 adalah melalui membaca dan menulis pemula dengan menyediakan fasilitas media yang menarik sebagai m. kemampuan bahasa dalam hal mengenal kata dan gambar . Adapun bentuk dari meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan membaca dan menulis pemula adalah : a) Melatih anak anak mengenal simbol huruf dengan gambar , b) anak mampu menulis sesuai kemampuan yang anak peroleh melalui bahasa anak, c) anak belajar mandiri membaca kata yang dibuatnya sendiri, 2) pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak pada di RA Al-Munajad Jember tahun pelajaran 2018/2019, adalah :a) Menentukan tema atau materi yang akan dicapai b) Merencanakan atau menyiapkan bahan ajar yang akan disampaikan, c) Mulai membentuk kerangka atau bentuk lingkaran, d) Guru memberikan contoh pembelajaran membaca dan menulis. e) Guru mengulangi materi pembelajaran membaca dan menulis. f) Guru melakukan evaluasi pada pembelajaran Kata Kunci : Kemampuan bahasa, pembelajaran membaca dan menulis pemula

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item