Kepemimpinan Kyai Dalam Pengembangan Sumber Daya Santri Di Pondok Pesantren Islam Ash-Siddiqi Puteri Jember.

CAHAYA, ALIFFIYA NOR (2020) Kepemimpinan Kyai Dalam Pengembangan Sumber Daya Santri Di Pondok Pesantren Islam Ash-Siddiqi Puteri Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
ALIFFIYA NOR CAHAYA_T20153066.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sumber daya santri merupakan hal terpenting dalam suatu lembaga atau Pondok Pesantren, maka dari itu perlu adanya Pengembangan Sumber Daya santri agar output yang dihasilkan oleh lembaga sesuai dengan visi dan cita-cita lembaga. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana Upaya Kyai dalam mewujudkan visi pengembangan sumber daya santri di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Puteri Jember?, Bagaimana Upaya Kyai dalm memberikan energi bagi pengembangan sumber daya santri di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Puteri Jember?, Bagaimana Upaya Kyai dalam membantu pengembangan sumber daya santri di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Puteri Jember?, Tujuan penelitian ini, yaitu: Untuk mendeskripsikan bagaimana Upaya Kyai dalam mewujudkan visi pengembangkan sumber daya santri di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri. Untuk mendeskripsikan bagaimana Upaya Kyai dalam memberikan energi bagi pengembangkan sumber daya santri di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri. Untuk mendeskripsikan bagaimana Upaya Kyai dalam membantu pengembangkan sumber daya santri di Pondok Pesantren AshShiddiqi Putri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kualitatifdeskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian (1)Upaya Kyai dalam mewujudkan visi pengembangan sumber daya santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember yaitu menjelaskan visinya kepada santri dan meyakinkan meraka untuk melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai visi tersebut dengan cara mebentukan karakter melalu kegiatan-kegiatan yang wajib santri ikuti di Pondok pesantren islam AshShiddiqi Puteri jember. (2)Upaya Kyai dalam memberikan energi bagi pengembangkan sumber daya santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember. Kyai dalam memberikan energi melalu motivasi dengan cara memberikan pengetahuan tentang fadilah-fadilah dengan cara Pemaksaan, dimana santri harus melawan rasa malas yang ada pada diri santri, dengan hal tersebut santri akan merasakan semangat dan mengikuti kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember. (3)Upaya Kyai dalam membantu mengembangkan sumber daya santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember yaitu dengan cara mempraktekan atau mengajarkan langsung kepada santrinya dan bekerja sama dengan pengurus-pengurus yang ad di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember guna terwujudnya cita-cita Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item