Pengaruh Sarana, Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Rumah Apung Bangsring Banyuwangi

Anwari, Moh (2023) Pengaruh Sarana, Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Rumah Apung Bangsring Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH ANWARI _E20192454 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi wisata yang beragam, karena terdapat berbagai suku bangsa yang berbeda-beda sehingga dapat menciptakan dan mengembangkan industri pariwisata. Bagi Indonesia, industri pariwisata merupakan peluang yang tidak dapat dilepaskan begitu saja. Pariwisata telah tumbuh menjadi sebuah industri yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat cerah dikemudian hari bagi sebuah Pembangunan Nasional.
Sarana wisata adalah kelengkapan wilayah tujuan wisata yang dibutuhkan guna melayani kebutuhan wisatawan dalam menikmati perjalanan wisatanya. Sedangkan prasarana wisata merupakan sumber daya alam serta sumber daya buatan manusia yang dibutuhkan oleh wisatawan dalam perjalanannya di wilayah tujuan wisata, seperti jalan, listrik, air, telekomunikasi, terminal, jembatan dan lain sebagainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah sarana pariwisata secara parsial pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Rumah Apung Bangsring ? 2) Apakah prasarana pariwisata secara parsial pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Rumah Apung Bangsring ? 3) Apakah sarana dan prasarana pariwisata secara simultan pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Rumah Apung Bangsring ?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh sarana pariwisata secara parsial terhadap kepuasan wisatawan di Rumah Apung Bangsring. 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh prasarana pariwisata secara parsial terhadap kepuasan wisatawan di Rumah Apung Bangsring. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh sarana dan prasarana pariwisata secara simultan terhadap kepuasan wisatawan di Rumah Apung Bangsring.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji koefisiensi determinasi (R2)
Berdasarkan hasil uji hipotesis variabel sarana dengan uji t menggunakan SPSS diperoleh nilai sebesar 1,815. Dimana nilai t hitung 1,815 > t tabel 1,660. Berdasarkan analisis dan interpretasi tersebut dapat dikatakan bahwa variabel sarana secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis variabel prasarana dengan uji t menggunakan SPSS diperoleh nilai sebesar 6,213. Dimana nilai t hitung 6,213 > t tabel 1,660. Berdasarkan analisis dan interpretasi tersebut dapat dikatakan bahwa variabel prasarana secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan.
Sedangkan hasil uji hipotesis dengan uji f diperoleh nilai sebesar 93,660. Dimana nilai f hitung 93,660 > t table 2,358. Maka secara simultan dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara variabel sarana dan prasarana terhadap kepuasan wisatawan, sehingga ini menunjukan Ha diterima.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) sarana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata Rumah Apung Bangsring. 2) prasarana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata Rumah Apung Bangsring. 3) sarana dan prasarana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata Rumah Apung Bangsring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Moh Anwari
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:26
Last Modified: 18 Dec 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item