Pendidikan Akhlak di Majlis Ta’lim Rutinan Al-Barzanji Pesantren Tanwirul Qulub Dusun Krajan Desa Sruni Kecamatan Jenggawah

Taqwim, Muhammad Ahsani (2019) Pendidikan Akhlak di Majlis Ta’lim Rutinan Al-Barzanji Pesantren Tanwirul Qulub Dusun Krajan Desa Sruni Kecamatan Jenggawah. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Muhammad Ahsani Taqwim_T20151369.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mengingat Pada era globalisai dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai-nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) hal itu menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan akhlakitas individu sehingga menyebabkan meningkatnya prilaku yang tidak berakhlak bagi kalangan generasi muda. Masalah ini juga terjadi pada masyarakat dusun Krajan Desa sruni sikap yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam masih mewarnai perilaku sbagaian warga seperti maraknya penggunaan narkoba, permusuhan antar tetangga dan kenakalan yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Meskipun ada pula keluarga yang mempunyai dasar agama namun masih sulit untuk melakukan ibadah. Dalam kondisi demikian, masyarakat perlu mendapatkan pendidikan akhlak dalam kehidupan, untuk menguatkan kembali pendidikan akhlak yang telah ada pada setiap manusia, diperlukan tindakan untuk membekali masyarakat dalam mewujudkan akhlakul karimah seperti diadakan pengajian rutin atau majelis ta’lim. Sehingga, masyarakat memikul amanah dalam menguatkan pendidikan akhlak dan mencetak generasi islami di dalam masyarakat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pendidikan akhlak di majlis ta’lim rutinan Al-Barzanji Pesantren Tanwirul Qulub Dusun Krajan Desa Sruni Kecamatan Jenggawah? 2) Bagaimana peluang dan tantangan pendidikan akhlak di majlis ta’lim rutinan Al-Barzanji Pesantren Tanwirul Qulub Dusun Krajan Desa Sruni Kecamatan Jenggawah ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan Purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Proses kegiatan pendidikan akhlak di majlis ta’lim rutinan Al-Barzanji merupakan internalisasi nilai-nilai dari kitab maulid Al-Barzanji yang di aplikasikan dengan kegiatan-kegiatan di dalam Majlis Ta’lim Rutinan Al-Barzanji. 2) Peluang dan Tantangan Pendidikan akhlak di majlis ta’lim rutinan Al-Barzanji ialah Motivasi, minat anggota majlis ta’lim yang tinggi serta dukungan masyarakat hal itu menjadi peluang besar dan faktor sulitnya mengkondisikan jama’ah yang masih anak-anak dan masih rendahnya minat para jama’ah untuk mengkaji kitab Al-Barzanji menjadi tantangan bagi proses pendidikan akhlak di Majlis Ta’lim Rutinan Al-Barzanji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30455

Actions (login required)

View Item View Item