Peran Komite Madrasah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Mabdaul Ulum Rowosari Sumberjambe Jember

Tariza, Hardiana (2023) Peran Komite Madrasah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Mabdaul Ulum Rowosari Sumberjambe Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri kiai Achmad Shiddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI TARIZA WATERMARK-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Komite merupakan badan mandiri yang mewadahi peran masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Komite madrasah terdiri dari, kepala madrasah, pendidik, masyarakat, dan wali murid yang memiliki perhatian terhadap kemajuan pendidikan. Dengan kehadiran komite bisa memberikan hal positif bagi madrasah, baik dalam perbaikan kualitas dan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran komite madrasah terhadap pengadaan, pendistribusian dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu 1) peran komite madrasah terhadap pengadaan sarana dan prasarana, perannya sudah di laksanakan dengan baik. Seperti memberi Pertimbangan berupa saran, masukan dan ikut memutuskan sarana apa yang akan di adakan. Memberi dukungan berupa penggalangan dana dari masyarakat. Sebagai pengontrol, melakukan pengawasan terhadap kegiatan madrasah. Sebagai meditor atau penghubung, menjalin kerjasama dengan masyarakat agar bisa ikut berkontribusi terhadap proses pengadaan yang di lakukan madrasah, menyampaikan aspirasi, ide dan tuntutan yang di ajukan masyarakat kepada madrasah. 2) peran komite terhadap pendistribusian sarana dan prasarana yaitu: a. Penyusunan alokasi barang, sebagai pemberi pertimbangan dengan memberi masukan dan saran ketika penentuan pihak penerima sesuai barang yang akan di distirbusikan. b. Pengiriman barang, memberi dukungan berupa bantuan tenaga dengan ikut proses pengiriman berlangsung. c. Penyerahan barang, sebagai pengontrol mengawasi proses penyerahan barang sesuai prosedur, dan mengecek kelengkapan dokumen pendukung pendistribusian. 3) peran komite terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana, sebagai mediator (penghubung). Komite mengajak siswa dan masyarakat untuk ikut merawat, menjaga dan memelihara fasilitas sarana di madrasah, agar sarana dan prasarana dapat bertahan lebih lama dan tidak murah rusak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190502 Fine Arts (incl. Sculpture and Painting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Tariza Hardiana
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:23
Last Modified: 20 Dec 2023 09:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30458

Actions (login required)

View Item View Item