Pemanfaatan Media pembelajaran video pada bidang studi PAI kelas III di Mima AL-Huda Balung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

WAKINA, Ms. (2020) Pemanfaatan Media pembelajaran video pada bidang studi PAI kelas III di Mima AL-Huda Balung Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
WAKINA_084158029.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran video dalam proses pembelajaran dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh guru pengajar sebagai media yang menunjang kegiatan pembelajaran didalam kelas dan sebagai praktikum praktis yang sesuai dengan Kompetensi Inti dan Dasar serta dengan adanya media audio visual dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih kongkrit atau lebih nyata dari pada yang dapat dikatakan oleh kata-kata yang diucapkan dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pembelajaran dapat lebih mudah dan lebih cepat mengerti. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah media pembelajaran video apa saja yang dimanfaatkan pada bidang studi PAI di kelas III Mima Al-Huda Balung Jember? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Media pembelajaran video apa saja yang dimanfaatkan pada bidang studi PAI di kelas III Mima Al-Huda Balung Jember?. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya field research. Tehnik pengumpulan data menggunakan obsevasi, interview, dokumenter. Analisis data 1) Reduksi Data. 2) Penyajian data. 3) Penarikan kesimpulan. Analisis data dengan menggunakan analisisis Mieles Huberman. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini yaitu: Pemanfaatan media pembelajaran video pada bidang studi PAI di kelas III yaitu: Sebelum seorang pendidik melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan media pembelajaran video dikelas III. Pendidik hendaknya melakukan beberapa hal yaitu:1) Persiapan yang dilakukan dalam memanfaatkan media pembelajaran video berupa mendownload terlebih dahulu media dan materi yang akan digunakan kemudian mencantunkannya dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan strategi, metode dan pendekatan, serta menyiapkan alat yang bersangkutan dengan pemanfaatan media pembelajaran video. 2) Pelaksanaan dalam memanfaatkan media pembelajaran video yang harus dijaga ketika pembelajaran berupa suasana ketenangan agar supaya pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan KI dan KD yang ingin dicapai. 3) Tindak Lanjut dalam menggunakan media pembelajaran video berupa pemberian tes, hafalan, uraian esean, serta praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30463

Actions (login required)

View Item View Item