Penggunaan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020.

isma darajat, devi (2020) Penggunaan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Devi Isma Darajat_084 144 062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengajaran yang berpusat pada siswa adalah proses belajar mengajar berdasarkan kebutuhan dan minat siswa. Strategi pengajaran yang berpusat pada siswa dirancang untuk menyediakan system belajar yang fleksibel sesuai dengan kehidupan dan gaya belajar siswa. Metode bermain peran merupakan salah satu pembelajaran yang melatih siswa untuk menghayati peran yang sedang dimainkannya, siswa juga dilatih untuk merasakan peran yang sedang dimainkannya. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana persiapan dan intruksi metode bermain peran pada pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah AlIkhlas Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020, (2) bagaimana tindakan dramatic dan diskusi metode bermain peran pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020 dan (3) bagaimana evaluasi metode bermain peran pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan fokus penelitian tersebut penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan persiapan dan intruksi metode bermain peran pada pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan tindakan dramatic dan diskusi metode bermain peran pada pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020 serta(3) mendeskripsikan evaluasi metode bermain peran pada pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah AlIkhlas Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menjadi alat utama adalah manusia (human tools) dengan melibatkan peneliti sebagai instrumen. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020 pada bulan Agustus 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah persiapan dan instruksi, guru memberikan instruksi khusus pada peserta bermain peran setelah memberikan penjelasan pendahuluan kepada keseluruhan kelas. (2) Langkah tindakan dramatic dan diskusi, guru lebih focus membimbing siswa yang sedang bermain peran dan siswa terlihat canggung dan malu-malu dalam bermain peran dikarenakan pembelajaran bermain peran seperti ini merupakan hal yang baru bagi mereka. Dan (3) langkah evaluasi bermain peran, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan terhadap isi dari cerita bermain peran untuk dapat menimbulkan ide/pendapat, sebaiknya pertanyaan yang diberikan dapat menimbulkan pendapat dari siswa dan siswa dapat mengembangkan jawabannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item View Item