Upaya Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember.

ZAMRONI, MOH. MAY (2020) Upaya Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
MOH MAY ZAMRONI_ 084 141 360.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Guru, Integrasi, Literasi Informasi Pelaksanaan literasi informasi pada pembelajaran, guru harus mampu untuk mengajar siswa tentang bagaimana untuk menjadi individu yang kritis, individu yang penuh rasa ingin tahu,pencipta dan pengguna informasi yang baik, oleh karena itu SMP 01 Islam Jember mempunyai program GELES (Gerakan Literasi Sekolah). Fokus penelitian ini ialah (1)Bagaimana Perencanaan Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember, (2)Bagaimana Pelaksanaan Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember, (3)Bagaimana Evaluasi Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Perencanaan Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember, Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jemberdan Untukmendeskripsikan Evaluasi Guru dalam Mengintegrasi Literasi Informasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 01 Islam Jember. Metode penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu jenis deskriptifdengan lokasi penelitiannya di SMP 01 Islam Jember. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tahapan penelitian terdiri dari pra lapangan, pelaksanaan, pelaporan dengan sistematika penulisan terdiri dari bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu pertama:Perencanaan integrasi Literasi Informasi dalam pembelajaran PAI. AdalahGuru membuat serta merancang RPP sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaranKedua:Pelaksanaan integrasi Literasi Informasi dalam pembelajaran PAI. Untuk pelaksanannya sendiri ada tiga langkah kegiatan yang dilakukan yakni: 1). Kegiatan Pembiasaan, 2). Kegiatan Pengembangan, 3). Kegiatan Pembelajaran.. Ketiga: Evaluasi integrasi Literasi Informasi dalam pembelajaran PAI. yaitu Evaluasi pembelajaranyang digunakan berupa penilaian tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30468

Actions (login required)

View Item View Item