Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Genteng

wafiqotul ulya, nur rizka (2020) Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NUR RIZKA WAFIQOTUL ULYA_084 141 111.pdf

Download (41MB)

Abstract

Pelaksanaan program pengembangan diri adalah kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran, sebagai bagian integral dari kurikulum. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Pengembangan diri difasilitasi dan dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk layanan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Pelaksanaan program pengembangan diri untuk meningkatkan karakter religius siswa, dengan rincian permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan program pengembangan diri untuk meningkatkan karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Genteng. 2. Apa saja program pengembangan diri untuk meningkatkan karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Genteng. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan program pengembangan diri untuk meningkatkan karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Genteng. 2. Mendeskripsikan apa saja program pengembangan diri untuk meningkatkan karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Genteng. Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman mulai dari pengumpulan data, data reduction, data verification, dan conslusion. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Peneliti ini memperoleh kesimpulan 1. Pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter melalui program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, kegiatan spontan yang dilakukan guru pada siswa, keteladanan yang diberikan guru. 2. Program pengembangan diri berupa kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan karakter religius siswa. Bentuk kegiatan ekstrakurikuler yaitu pramuka, seni hadrah, seni baca tulis alqur’an, futsal, dan seni tari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item