Peran Komunitas Sekolah Inspirasi Pedalaman (Sip) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smpn 6 Satu Atap Punggelan Desa Mlaya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara

Pratomo, Minto (2020) Peran Komunitas Sekolah Inspirasi Pedalaman (Sip) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smpn 6 Satu Atap Punggelan Desa Mlaya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Minto Pratomo_084141258.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman pendidikan agama dirasa sangat penting dalam mengawal perjalanan peserta didik terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt. Dalam melaksanakan sistem pendidikan di Indonesia sendiri masih banyak sekolah-sekolah yang memiliki kualitas rendah terutama didaerah-daerah terpencil. Perlu adanya dukungan dari pemerintahan maupun dari kepedulian masyarakat itu sendiri untuk bersama-sama memajukan dan meningkatkan pendidikan di Indonesia. Di Banjarnegara terdapat komunitas besar yang sudah terkenal, terutama dalam peranannya masalah pendidikan di daerah pedalaman yang dipelopori oleh para relawan bencana alam Banjarnegara. Komunitas ini dikenal dengan Sekolah Inspirasi Pedalaman (SIP) Banjarnegara. SIP Banjarnegara merupakan gerakan yang berkontribusi dalam bidang pendidikan, dengan sasaran daerah terpencil atau daerah pedalaman di Kabupaten Banjarnegara. Oleh karenanya, ada dua pembahasan yang menjadi fokus dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan Komunitas SIP Banjarnegara?. 2) Bagaimana peran komunitas SIP dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa SMP 6 Satu Atap Punggelan Banjarnegara?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengethui kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan Komunitas SIP Banjarnegara dan juga untuk mengetahui peran komunitas SIP dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa SMP6 Satu Atap Banjarnegara. Adapun penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan lapangan (field research), penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan Teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data-data yang telah didapatkan kemudian di uji kebsahannya melalui triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pertama Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh komunitas SIP Banjarnegara yang berada di Desa Mlaya Kecamatan Punggelan diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Kedua, Komunitas SIP Banjarnegara memiliki peranan memebrikan motifasi belajar kepada adik-adik dan juga masyarakat pedalaman untuk tetap semangat dalam mendukung anak-anaknya dalam menjalakan dan melanjutkan pendidikan dijenjang yang lebih tinggi lagi, serta memberikan pembinaan akhlak melalui aktifitas dan rutinitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30471

Actions (login required)

View Item View Item