Pembiasaan Membaca Al Qur’an Surat Yasin Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa MI Darussalam 01 Desa Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

oktaviani, dewi (2020) Pembiasaan Membaca Al Qur’an Surat Yasin Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa MI Darussalam 01 Desa Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dewi Oktaviani_T20154095.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang pemilihan pembiasaan ialah perilaku siswa yang datang terlambat ke sekolah, selain itu lingkungan sekitar sekolah terkenal wilayah kriminal yaitu, pencurian hewan, curanmor, dan banyak orang tua dan anak yang belum sadar ketika ada orang meninggal dunia hanya sekedar duduk diam menemani jenazah. Fokus penelitian, (1) proses pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an Surat Yasin dalam menumbuhkan Kecerdasan Spiritual, (2) dampak pembiasaan membaca Al-Qur’an Surat Yasin dalam menumbuhkan Kecerdasan Spiritual. Tujuan penelitian ini, (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an Surat Yasin dalam menumbuhkan Kecerdasan Spiritual, (2) mendeskripsikan dampak pembiasaan membaca Al-Qur’an Surat Yasin dalam menumbuhkan Kecerdasan Spiritual siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu penelitian lapangan (field research, field work) yang merupakan studi terhadap realitas kehidupan sosial masyarakat secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bermula dari banyak ditemuka peserta didik yang datang terlambat pada saat awal mulai kegiatan belajar mengajar (KBM). (2) langkah pelaksanaan, yaitu; (a) kegiatan ini dimulai pada pertengahan Tahun Pelajaran 2016/2017 tepatnya Bulan Juni 2017 semester genap. (b) kegiatan berlangsung di kelas masing-masing diawali absensi siswa kemudian menunjuk salah satu siswa memimpin membaca do’a kemudian di akhir sesi guru memberikan tausyiah, khusus Hari Jum’at kegiatan bertempat di Aula Yayasan bahkan setiap Jum’at Legi berpindah ke Masjid Darussalam lengkap dengan unsur pengurus yayasan, komite, dan masyarakat sekitar. (3) dampak kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) sebagai orang tua tentunya ingin anaknya mendapatkan penddidikan yang optimal, dengan kata lain disamping cerdas dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pembelajaran di sekolah, orang tua juga mendambakan anaknya cerdas di bidang keagamaan dan spiritualnya. Oleh sebab itu orang tua mencari alternatif sekolah yang memadukan keduanya. (b) kegiatan pembiasaan sudah mendapat apresiasi dari masyarakat karena dinilai selangkah lebih maju dalam meningkatkan dan menanamkan prinsip keimanan melalui bentuk kegiatan yang religius seperti ini merupakan syiar islam dan ukhuwah islamiah. (c) keberhasilan pembiasaan ini dapat dilihat bahwa siswa patuh terhadap aturan dan tata tertib sekolah, disiplin mengikuti kegiatan belajar mengajar bahkan sudah banyak hafal surat-surat pendek serta hafal surat yasin. Selain itu terlatih jiwa kepemimpina dengan menjadi petugas pembaca surat yasin setiap hari secara bergantian. (d) pandangan masyarakat siswa menjadi tahu apa yang akan dilakukan jika ada sanak keluarga yang meninggal dunia, sakit, dan ziarah kubur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30472

Actions (login required)

View Item View Item