Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember

Istiqomah, Lailatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILATUL ISTIQOMAH _T20194027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi pembelajarannya, media pembelajaran merupakan komponen penting yang dapat menentukan keberhasilan penyampain materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian pengembangan ini dikarenakan pada awalnya guru selama pelaksanaan pembelajaran tematik dikelas guru menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab, presentasi dan diskusi. Selain itu untuk mempermudah penyampaian materi guru juga menggunakan objek di sekitar sekolah, media gambar yang di cetak dan gambar pada buku pelajaran, kemudian dikembangkan menjadi media Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah yaitu sebagai berikut: (1) Bagaiamana pengembangan media Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember (2) Bagaiamana kelayakan media Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap media Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember (2) Untuk mengetahui kelayakan media Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media Exploding Box pada pembelajaran tematik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember.
Pengembangan Media Exploding Box pada pembelajaran Tematik Kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model penelitian pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V di MI Al Barokah An-Nur Jember yang berjumlah 25 siswa.
Hasil penelitian pengembangan media Exploding Box yaitu (1) Pengembangan media Exploding Box pada pembelajaran tematik di kelas V MI Al Barokah An-Nur Jember yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sehingga yang awalnya hanya menggunakan objek di sekitar sekolah, media gambar yang di cetak dan gambar pada buku pelajaran di kembangkan menjadi media Exploding Box. (2) Kelayakan media Exploding Box setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 92,2% sehingga media ini dikatakan sangat layak. Adapun hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat ketertarikan peserta didik kelas V mencapai 90,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa media Exploding Box yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik di kelas V MI Al Barokah An-Nur Jember. (3) Respon peserta didik dilakukan dengan menyebar angket kepada peserta didik kelas V MI Al Barokah An-Nur Jember yang berjumlah 25 siswa dan diperoleh jumlah keseluruhan 90,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa media Exploding Box masuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Exploding Box, Pemebelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailatul LI Istiqomah
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:17
Last Modified: 18 Dec 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30474

Actions (login required)

View Item View Item