Penerapan Media Interaktif Hyperlink Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

ARIFIN, M. SYAMSUL (2020) Penerapan Media Interaktif Hyperlink Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
M. SYAMSUL ARIFIN_T20154055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember merupakan madrasah yang cukup banyak diminati oleh banyak warga disekitarnya, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember juga memiliki sarana dan prasarana yang mencukupi untuk mendukung proses pembelajaran dengan menggunakan media PowerPoint juga terdapat fasilitias LCD Proyektor. Kelebihan menggunakan media ini adalah siswa lebih aktif karna media ini menggunakan evaluasi bentuk permainan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan media interaktif hyperlink pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. (2) Bagaimana pelaksanaan media interaktif hyperlink pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. (3). Bagaimana evaluasi media interaktif hyperlink pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan media interaktif hyperlink pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan media interaktif hyperlink pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2019/2020. (3) Mendeskripsikan evaluasi media interaktif hyperlink pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) a. perencanaan pelaksanaan pembelajaran, B. perencanaan penyusunan media (2) a. Pemanfaatan media pada kegiatan pendahuluan, b. Pemanfaatan pendahuluan pada kegiatan inti, c. Pemanfaatan media pada kegiatan penutup (3) a. Tahap evaluasi awal, b. Tahap evaluasi proses, c. Tahap evaluasi akhir Kata Kunci: Media Interaktif Hyperlink, Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:12
Last Modified: 19 Dec 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30477

Actions (login required)

View Item View Item