Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Think, Talk, Write Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tamanan Bondowoso.

AMINAH, SITI (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Think, Talk, Write Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
SITI AMINAH_T20151302.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 adalah pendidikan yang berpusat pada karakter, kompetensi, dan literasi. Kompetensi di dalamnya terdapat empat komponen, pembahasan kali ini akan membahas kemampuan berpikir kritis. Pendidikan abad 21 merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini sejalan dengan tujuan kurikulum 2013 yang telah diterapkan di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pembelajaran model TTW dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso? 2. Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Think Talk Write (TTW) pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah, dan istiqomah di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso? Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui pembelajaran model TTW dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso 2. Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model think, talk, write (TTW) pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah, dan istiqamah di SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena sebagaimana adanaya maupun analisa hubungan antar variabel dalam suatu fenomena. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 5 soal terintegrasi berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pada proses pembelajaran di dalamnya terdapat perencanaan dengan penyusunan RPP yang dilakukan sebelum pembelajaran, pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan model TTW dapat memudahkan siswa dalam memahami sebuah materi, dan pada saat evaluasi diketahui bahwa penggunaan model pembalajaran TTW dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 2) Berdasarkan penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah, istiqomah, pada subjek pertama dapat melewati empat tahapan indikator berpikir kritis, subjek kedua dalam melewati keempat indikator kemampuan berpikir kritis siswa terdapat perbedaan yakni tidak dilewati secara sempurna. Subjek ketiga pada tahap interpretasi yang mana subjek ketiga memahami sebagian kecil saja dari apa yang dimaksudkan pada soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:12
Last Modified: 19 Dec 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30478

Actions (login required)

View Item View Item