Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneur Academy dalam Membentuk Jiwa Wirausaha Santri Pondok Pesantren Nuris 2 Jember

istifadah, dewi (2020) Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneur Academy dalam Membentuk Jiwa Wirausaha Santri Pondok Pesantren Nuris 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dewi Istifadah_T20151298.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menjadi santri pada dasarnya tidak hanya sekedar ditutut memahami ilmu agama, namun harus mempunyai bekal keterampilan dalam membangun muslim yang kuat dan mandiri dimana masyarakat Indonesia harus mampu bersaing dengan Negaranegara ASEAN dalam berbagai aspek seperti pendidikan, kesehatan, teknologi, industry, pertanian, bahkan ketenaga kerjaan. Maka dari itu Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur NURIS 2 Jember membangun jiwa wirausaha para santri melalui implementasi pendidikan Islam berbasis entrepreneur academy dalam membagun jiwa wirausaha santri. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui 1) Bagaimana implementasi pendidikan Islam berbasis entrepreneur academy dalam pembentukan jiwa wirausaha pada Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa entrepreneur Nurul Islam 2 Jember. 2) Bagaimana kontribusi pendidikan Islam berbasis entrepreneur academy terhadap pembentukan jiwa wirausaha Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa entrepreneur Nurul Islam 2 Jember. 3) Apa faktor pendukung dan penghambat program pendidikan islam berbasis entrepreneur academy dalam membentuk jiwa wirausaha santri di Pondok Pesantren Mahasiswa entrepreneur Nurul Islam 2 Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (file Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data dianalisis mengunakan reduksi data, display/penyajian data, serta mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Untuk menguji keabsahan data mengunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan dilapangan menunjukkan bahwa: 1) implementasi pendidikan Islam berbasis entrepreneur academy yang dilakukan dipondok pesantren dalam mengembangkan jiwa wirausaha santri adalah a) dengan cara menyusun kerangka kerja aktivitas pendidikan entrepreneur academy secara konseptual kongnitif-konstruktivis. b) Adanya pembinaan didalam kelas entrepreneur academy. c) Production atau pemberian uswah yang dilakukan melalui ekspresi konsep. 2) Kontribusi pendidikan Islam berbasis entrepreneur academy dalam membentuk jiwa wirausaha para santri yaitu berupa kompetensi ilmu pengetahuan, keterampilan dan kualitas individual yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai pribadi, serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan kewirausahaan.3) faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan Islam berbasis entrepreneur academy dalam membentuk jiwa wirausaha santri podok pesantren yaitu :Faktor pendukung dari terlaksananya pendidikan entrepreneur pertama, fasilitas pondok pesantren yang telah disediakan memadai. Kedua, manajemen pengelolaan kegiatan pendidikan entrepreneur. Ketiga, motivasi dan semangat oleh pendidik dan pengasuh pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbenturnya waktu dalam kegiatan dengan jadwal kegiatan mahasiswa dikampus sehingga ketercapaian pelaksanaan pendidikan entrepreneurpun kurang maksimal keterbatasan waktu tersebut menimbulkan surutnya minat santri dalam pengembangan jiwa wirausahaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30481

Actions (login required)

View Item View Item