Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Adversity Quotient

Afifah, Risa Nur (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Adversity Quotient. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risa Nur Afifah_202101070014.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/a...

Abstract

Penelitian ini mengisi kesenjangan pengetahuan yang mendesak terkait urgensi menganalisis keterampilan
berpikir komputasional siswa dalam pembelajaran saat ini. Dalam era dimana teknologi dan komputasi
memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan berpikir komputasional menjadi sangat
penting bagi siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Meskipun telah ada penelitian sebelumnya
mengenai keterampilan berpikir komputasional siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, belum ada
pemahaman yang memadai mengenai bagaimana AQ dapat mempengaruhi kemampuan berpikir
komputasional siswa, terutama dalam konteks pembelajaran aritmatika sosial. Peneitian ini bertujuan untuk
mengisi celah pengetahuan tersebut dan menganalisis bagaimana AQ dapat mempengaruhi keterampilan
berpikir komputasional siswa dalam konteks pembelajaran aritmatika sosial. Melalui pendekatan deskriptif
kualitatif, dengan melibatkan 20 siswa dari kelas VII B MTS Annuriyyah Jember sebagai subjek penelitian. Data
divalidasi menggunakan triangulasi teknik, yaitu angket AQ, tes dan wawancara. Melalui penggunaan angket
AQ, didapatkan hasil bahwa terdapat 3 siswa dengan tipe Climbers (AQ tinggi), 14 siswa dengan tipe Campers
(AQ sedang), dan 3 siswa dengan tipe Quitters (AQ rendah). Dari masing-masing tipe AQ tersebut, tiga siswa
dipilih untuk dilakukan analisis lebih lanjut terkait kemampuan berpikir komputasional mereka. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa dengan tipe AQ tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir
komputasional. Siswa dengan tipe AQ sedang telah mampu mengidentifikasi informasi penting dan menyusun
langkah-langkah penyelesaian, meskipun terdapat beberapa langkah yang tidak sesuai. Namun, mereka masihmampu menyelesaikan permasalahan dengan benar. Di sisi lain, siswa dengan tipe AQ rendah tidak mampu
mencatat informasi yang dibutuhkan dan gagal menyusun langkah-langkah penyelesaian dengan baik,
sehingga menghasilkan solusi yang salah. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir komputasional siswa dalam materi aritmatika sosial bervariasi tergantung pada tipe AQ
mereka. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan antara Adversity Quotient dan keterampilan berpikir
komputasioal siswa, dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan
memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Computational thinking skills, Adversity Quotient, social arithmetic
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Risa Nur Afifah
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:01
Last Modified: 19 Dec 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item View Item