PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 WULUHAN

Kandira, Rissa Virga (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 WULUHAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RISSA VIRGA KANDIRAISSA VIRGA KANDIRA SKRIPSI READY.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis soal PISA Konten Change and Relationship yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode: Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Wuluhan yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket kevalidan modul, angket kepraktisan modul, dan keefektifan dengan peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan. Data peningkatan kemampuan literasi matematika siswa diperoleh melalui hasil Uji Paired Sample T-Test berdasarkan hasil pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis soal PISA memiliki presentase rata-rata kevalidan 93,7% dengan masuk kategori sangat valid. Modul berbasis soal PISA juga memiliki presentase kepraktisan sebesar 98,47% yang termasuk kedalam kategori sangat praktis. Analisis peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan modul berbasis soal PISA dihitung menggunakan Uji Paired Sample T-Test terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest yaitu kenaikan hasil rata-rata antara soal pretest dan posttest sebesar 33,57. Jadi, dapat disimpulkan modul berbasis soal PISA dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Berbasis Soal PISA, Literasi, Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rissa Virga Kandira
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:52
Last Modified: 19 Dec 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30483

Actions (login required)

View Item View Item