PENDEKATAN MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN MINAT DAN ETOS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH MODEL ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO

Lafifa, Dinda Faikatul and Ummah, Nur Ittihadatul (2023) PENDEKATAN MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN MINAT DAN ETOS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH MODEL ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Dinda siap Distribusi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendekatan manajemen kelas merupakan suatu proses kegiatan mengelola
kelas secara baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Minat belajar adalah sikap ketertarikan yang dimiliki oleh siswa untuk mengikuti
kegiatan yang di sukai tanpa adanya paksaan dari orang lain. Etos belajar adalah
sikap semangat yang muncul karena adanya ketertarikan terhadap sesuatu hal
yang membuat ia senang dan menyukai hal tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pendekatan
kekuasaan pada manajemen kelas dalam peningkatan minat dan etos belajar siswa
di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong? 2)Bagaimana pendekatan
pengajaran pada manajemen kelas dalam peningkatan minat dan etos belajar siswa
di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong? 3) Bagaimana pendekatan
kerja kelompok manajemen kelas dalam peningkatan minat dan etos belajar siswa
di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan pendekatan
kekuasaan pada manajemen kelas dalam peningkatan minat dan etos belajar siswa
di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong 2) Untuk Mendeskripsikan
pendekatan pengajaran pada manajemen kelas dalam peningkatan minat dan etos
belajar siswa di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong 3)Untuk
Mendeskripsikan pendekatan kerja kelompok pada manajemen kelas dalam
peningkatan minat dan etos belajar siswa di Madrasah Aliyah Model Zainul
Hasan Genggong
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.
Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data yang
digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian tentang pendekatan manajemen kelas dalam peningkatan
minat dan etos belajar siswa di MA Model Zainul Hasan Genggong.1) Pendekatan
kekuasaan pada manajemen kelas dalam peningkatan minat dan etos belajar siswa
yaitu dengan adanya penegakkan peraturan kelas, melakukan pengontrolan di
masing-masing kelas. sedangkan pembimbingan dilakukan dengan pemberian
nasehat kepada siswa.2) Pendekatan Pengajaran pada manajemen kelas dalam
peningkatan minat dan etos belajar siswa antara lain dengan melakukan tes IQ dan
quality control, perencanaan pembelajaran dilakukan dengan rapat persiapan
ajaran baru dan worksop pendidikan sebelum KBM aktif. 3) Pendekatan kerja
kelompok pada manajemen kelas dalam meningkatkan minat dan etos belajar
siswa yaitu dilakukan dengan mengatur nada bicara, menimpali dengan candaan
agar suasana tidak monoton. Sedangkan Kepemimpinan dilakukan dengan
menanamkan sikap kerja sama dan memberikan tugas agar siswa bertanggung
jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Dinda Faikatul Lafifa
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:50
Last Modified: 19 Dec 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item