PEMANFAATAN MEDIA PHET SIMULATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS KELAS IX MTS ANNURIYYAH KALIWINING

Mawaddah, Tsamrotul (2023) PEMANFAATAN MEDIA PHET SIMULATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS KELAS IX MTS ANNURIYYAH KALIWINING. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Tsamrotul Mawaddah_T201910056.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas IX di MTs Annuriyyah Kaliwining terhadap materi pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi kurangnya pemahaman siswa disebabkan oleh proses belajar mengajar, dimana media yang digunakan masih kurang efektif, guru merasa kesulitan menampilkan contoh-contoh yang nyata serta kurang optimalnya sistem belajar berbasis laboratorium. Padahal sebagian besar siswa menyukai pembelajaran menggunakan media atau dengan metode eksperimen, akan tetapi karena alat laboratorium yang kurang memadai yang menjadikan metode pembelajaran eksperimen jarang digunakan sehingga pembelajaran listrik statis kurang menarik yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang baik. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dengan guru IPA dan siswa dimana salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah dengan pemanfaatan media PhET Simulation agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: Bagaimana pemanfaatan media PhET Simulation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik statis?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik statis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi).
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: pemanfaatan media PhET Simulation terbukti efektif dalam proses pembelajaran dikelas serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi listrik statis di kelas IX Mts Annuriyyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100605 Performance Evaluation; Testing and Simulation of Reliability
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Tsamroh Tsamrotul Mawaddah
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:58
Last Modified: 19 Dec 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30488

Actions (login required)

View Item View Item