PENERAPAN METODE GUIDED TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI HUKUM TAJWID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Trisnawati, Mufidah Mumtazah Ayu (2023) PENERAPAN METODE GUIDED TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI HUKUM TAJWID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mufidah Mumtazah Ayu Trisnawati _T20191281.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Mufidah Mumtazah Ayu Trisnawati, 2023: Penerapan Metode Guided Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Hukum Tajwid di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kunir Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Metode Guided Teaching, Hasil Belajar, Hukum Tajwid

Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang maksimal, sehingga pendidik perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Metode pembelajaran ini mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu, metode Guided Teaching menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi situasi pembelajaran yang dihadapi. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kunir dalam menerapkan metode Guided Teaching sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi hukum tajwid.
Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode guided teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi hukum tajwid di SMA Negeri 1 Kunir tahun pelajaran 2022/2023?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode guided teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi hukum tajwid di SMA Negeri 1 Kunir tahun pelajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan metode guided teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi hukum tajwid di SMA Negeri 1 Kunir tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode guided teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi hukum tajwid di SMA Negeri 1 Kunir tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode guided teaching diawali dengan persiapan yang berupa perencanaan pembelajaran. Ketika proses pembelajaran mengikuti langkah-langkah penerapan metode guided teaching. Hasil belajar siswa kelas XI mengalami peningkatan diatas nilai KKM yang ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian yang diperoleh dari penilaian praktek atau keterampilan siswa. 2) Faktor pendukung metode guided teaching dalam meningkatkan hasil belajar yaitu lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana, motivasi, dan minat belajar siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu diri sendiri, dan kurangnya dorongan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufidah Mumtazah Ayu Trisnawati
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:27
Last Modified: 19 Dec 2023 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30489

Actions (login required)

View Item View Item