Pengembangan Media Realia Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran IPS Materi Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia di MTs Bustanul Ulum Krai Kabupaten Lumajang

Himmah, Faiqotul (2021) Pengembangan Media Realia Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran IPS Materi Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia di MTs Bustanul Ulum Krai Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FaiqotulHimmahWatermart_page-0001-dikompresi_compressed.pdf

Download (21MB)

Abstract

Faiqotul Himmah, 2023. Pengembangan Media Realia Berbasis Potensi Lokal Pada Pelajaran IPS Materi Potensi Sumber Daya Alam Dan Kemaritiman Indonesia Di MTs Bustanul Ulum Krai Kab. Lumajang.
Kata Kunci : Media realia, Potensi Lokal Kab. Lumajang, Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia.
Ilmu pengetahuan sosial merupakan integrasi dari berbagai macam disiplin ilmu-ilmu sosial dan ilmu humaniora yang dapat mengembangkan kemampuan dan kompetensi kewarganegaraan yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran IPS adalah mempersiapkan peserta didik sebagai warga negara yang baik dan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi dimasyarakat. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS di MTs Bustanul Ulum Krai baik dari faktor sekolah, siswa dan juga guru. Oelh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian di MTs Bustanul Ulum Krai Kab. Lumajang. Salah satu permasalahan yang ada di sekolah ialah keterbatasan media pembelajaran. Hasil dari observasi, peneliti juga menemukan bahwa guru dalam proses pembelajaran tidak linear. Dengan demikian dibutuhkan alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS ialah media realia agar dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan menghilangkan asumsi siswa bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran yang membosankan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk menjelaskan proses Pengembangan Media Realia Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Pelajaran IPS Materi Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia di MTs Bustanul Ulum Krai Kabupaten Lumajang. 2) Untuk menjelaskan hasil belajar siswa menggunakan Media Realia Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Pelajaran IPS Materi Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia di MTs Bustanul Ulum Krai Kabupaten Lumajang.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan metode peelitian dan pengembangan atau disebut juga Research and Development (R&D). Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Krai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dari penelitian dan pengembangan media realia melalui tahapan-tahapan pengembangan yaitu analisis kinerja, analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa. Pada tahap desain peneliti merancang media yang akan dikembengkan dalam storyboard dan menyusun kisi-kisi instrument penilaian para ahli, guru dan siswa. Pada tahap pengembangan, peneliti menyusun reancangan dalam tahap desain dan melakukan validasi kepada ahli materi memperoleh rata-rata 4,69 dengan kriteria sangat baik, hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata sebesar 4, 56 dengan kriteria sangat baik, validasi bahasa memperoleh rata-rata sebesar 4,50, validasi guru IPS memperoleh rata-rata sebesar 4,50 dengan kriteria sangat baik. Pada tahap implemetasi memperoleh hasil uji respon siswa skala kecil dengan rata-rata 4,45 kategori sangat baik untuk diuji coba kelompok besar. Uji respon siswa skala besar memperoleh rata-rata 4,45 dengan kategori sangat baik.. Hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes mencapai nilai ketuntasaan klasikal sebesar 87%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media realia berbasis potensi lokal kab. lumajang efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Faiq Faiqotul Himmah
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:10
Last Modified: 21 Dec 2023 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30491

Actions (login required)

View Item View Item