Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tartila Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember Tahun 2023.

YANAH, MUZAY (2023) Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tartila Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember Tahun 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KIAI Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUZAYYANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Kualiats Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Tartila.

Al-Qur’an adalah mukjizat Islam yang abadi, dengan keistimewaan tersebut setiap muslim wajib hukumnya untuk mempelajari, mendalami dan menghayati isi Al-Qur’an. Dizaman milenial ini banyak anak-anak yang sangat minim dalam membaca Al-Qur’an, baik dari segi makhraj, tajwid dan terutama kelancaran membacanya. Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting untuk medidik anaknya dalam membaca Al-Qur’an agar mereka tidak buta huruf terhadap Al-Qur’an. Dalam merespon hal tersebut sekarang banyak muncul lembaga pendidikan islam seperti TPA dengan macam-macam metode pengajaran yang diterapkan. TPA Al-Lathifia juga memikul tanggung jawab yang sama dalam mengajarkan baca tulis Al-Qur’an pada santrinya melalui metode tartila.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tartila di TPA Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember tahun 2023 ? 2) Bagaimana kualitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tartila di TPA Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember tahun 2023 ? Maka yang menjadi tujuan penelitiannya adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tartila di TPA Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember. 2) mendeskripsikan kualitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tartila di TPA Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember.
Penelitian ini didesain dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus di TPA Al-Lathifia. Penetuan subjek penelitiannya dilakukan secara purposive. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Karena itu pengujian validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Kemudian untuk analisis data penelitian ini menggunakan model analisis data dari Miles, Huberman dan Saldana.
Temuan dari penelitian ini adalah : Pertama, penerapan metode tartila pada pembelajaran Al-Qur’an di TPA Al-Lathifia Desa Kasiyan Timur Puger Jember terdiri dari ; 1) strategi yang digunakan sorogan dan klasikal. Sedangan media pendukung dengan gambar, poster, plastisin dan buku tartila bil qolam. 2) langkah-langkah pembelajaran metode tartila selain membaca ada juga menulis tetapi pada kelas taam dan madin berbeda. 3) jilid yang digunakan sama dengan metode tartila pada umumnya dari jilid 1 sampai 6 hanya ditambah dengan pasca jilid sebelum santri ke tahap Al-Qur’an. 4) system kenaikan jilid santri harus melalui beberapa tahapan yang sudah menjadi peraturan lembaga. 5) tahap munaqosah ada kriteria tertentu untuk santri. Kedua, Kualitas pembelajaran Al-Qur’an santri dengan menggunakan metode tartila terlaksana dengan baik, karena pemilihan metode yang sesuai, pemilihan guru serta pelaksanaan evaluasi berupa penilaian pembelajaran. Membuahkan hasil menjadi TPA terbaik tingkat kabupaten selama 2 tahun berturut-turut. Selain itu setiap tahunnya selalu ada santri yang di ikut kan program munaqosah dan selalu ada saja yang mewakili mendapat prestasi atau juara. Dan mendapat juara pada saat ikut lomba-lomba lain diluar munaqosah di beberapa tingkat daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muzay Yanah
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:14
Last Modified: 19 Dec 2023 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item