HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN DIRI ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB DHARMA ASIH KRAKSAAN

Ardiani, Reka (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN DIRI ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB DHARMA ASIH KRAKSAAN. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
REKA ARDIANI_D20195014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reka Ardiani, 2023: Hubungan Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diri Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Dharma Asih Kraksaan.

Kata Kunci : Dukungan Sosial, Penerimaan Diri, Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Dukungan sosial tentunya sangat dibutuhkan bagi orang tua yang memiliki anak berkebuhan khusus dan sangat membantu dalam proses penerimaan dirinya atas kondisi anaknya tersebut. Dukungan sosial sangat berpengaruh untuk penerimaan diri orang tua, karena seseorang yang mendapatkan dukungan sosial dari keluarga, teman, maupun lingkungan sekitar akan membantu proses tumbuh kembang bagi anak berkebutuhan khusus. Sehingga orang tua tidak perlu merasa malu mempunyai anak dalam keadaan berkebutuhan khusus. Adanya dukungan sosial membuat orang tua menjadi merasa diperhatikan oleh orang-orang sekitarnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dukungan sosial dengan penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB Dharma Asih Kraksaan?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB Dharma Asih Kraksaan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan koresional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 responden, sehingga populasi keseluruhan diambil semua untuk dijadikan sampel, karena populasi kurang dari 100. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling atau sensus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, kuisioner atau angket. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment pearson.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB Dharma Asih Kraksaan. Dibuktikan dengan adanya hasil uji hipotesis nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,779 yang berarti bahwa semakin tinggi dukungan sosial yang dimiliki orang tua anak berkebutuhan khusus, maka akan semakin tinggi pula tingkat penerimaan dirinya. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Reka Ardiani
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:18
Last Modified: 19 Dec 2023 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30494

Actions (login required)

View Item View Item