Pembelajaran Kitab Al-Minahu al Saniyah dalam Meningkatkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

HAKIKI, RIZAL (2020) Pembelajaran Kitab Al-Minahu al Saniyah dalam Meningkatkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
RIZAL HAKIKI_T20151164.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kemajuan dan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan tekhnologi begitu cepat, pesat dan megah. Disatu sisi perkembangan tersebut membawa kebanggaan dan kemudahan bagi manusia, namun disisi lain juga dapat menimbulkan dampak yang begitu memprihatinkan. Sehingga penelitian ini membahas mengenai pembelajaran kitab Al-Minahu al Saniyah dalam meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini bertempat di pondok pesantre AlMuktar dengan menggunakan kitab Al-Minahu al Saniyah sebagai dasar dalam membentuk akhlak santri di lingkungan pesantren. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Al-Minahu al Saniyah dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-mukhtar Sukorambi Jember Tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanan pembelajaran kitab Al-Minahu al Saniyah dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtar Sukorambi Jember 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Al-Minahu al Saniyah dalam meningkatkan akhlak santri di pondok pentren Al-Mukhtar Sukorambi Jember 2019/2020 ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan dalam pembelajaran kitab AlMinahu al Saniyah dalam meningkatkan akhlak santri di pondok pesantren AlMukhtar meliputi: a) Menetapkan tujuan yaitu santri dapat mengetahui perkara yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah dan juga perkara yang dapat menjauhkan dirinya dari Allah , membaca dan menjelaskan materi yang telah dipelajarinya.b) menetapkan materi yaitu materi-materi yang ada dalam kitab Al-Minahu al Saniyah yang meliputi taubat, meneliti anggota, meninggalkan perkara mubah dan seterusnya, dalam penetapan materinya disesuaikan dengan tingkatan dan kemampuannya santri. c) menetapkan waktu yaitu dijadwalkan dua kali dalam seminggu, yakni pada malam sabtu dan rabu setelah shalat magrib hingga targetkan bisa khatam dalam waktu satu tahun. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Minahu al Saniyah dalam meningkatkan akhlak santri di pondok pesantre Al-Mukhtar meliputi: a) penyampaian materi dengan cara Ustadz membaca dan menjelaskan materi kitab Al-Minahu al Saniyah dan santri mengartikan dan mendengarkan penjelasan guru. b) Metode yang digunakan ialah metode wetonan/ bondongan, metode tanya jawab, dan metode diskusi c) Media yang digunakan terdiri dari kitab Al-Minahu al Saniyah, kamus Al-Munawwir dan alat tulis. 3) Evaluasi pembelajaran kitab Al-Minahu al Saniyah yang digunakan yaitu evaluasi formatif yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dan diakhir pembelajaran untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:12
Last Modified: 19 Dec 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30495

Actions (login required)

View Item View Item