Manajemen Ekstrakurikuler Jurnalistik dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.

muzamil, muhamad (2020) Manajemen Ekstrakurikuler Jurnalistik dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUHAMAD MUZAMIL_T20153027.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peranan sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah mengembangkan potensi manusiawi yang dimiliki anak-anak agar mampu menjalankan tugas-tugas kehidupan sebagai manusia, baik secara individual maupun sebagai anggota masyarakat. Kegiatan untuk mengembangkan potensi itu harus dilakukan secara berencana, terarah, dan sistematik guna mencapai tujuan tertentu. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan ketrampilan literasi di bidang membaca siswa di MAN 1 Jember? (2) Bagaimana manajemen ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan ketrampilan literasi di bidang menulis siswa di MAN 1 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan manajemen ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan ketrampilan literasi di bidang membaca siswa di MAN 1 Jember? (2) Mendeskripsikan manajemen ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan ketrampilan literasi di bidang menulis siswa di MAN 1 Jember? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkahnya meliputi: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Manajemen ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan ketrampilan literasi membaca siswa di MAN 1 Jember adalah perencanaan dua program khusus yakni pelatihan membaca dan program forum pers pelajar se Jember, adanya pelaksanaan yang dilaksanakan tepat waktu dan secara solid team guna menghasilkan kesuksesan dalam pelaksanaannya dan di akhiri dengan adanya evaluasi lapangan secara langsung setelah acara selesai. (2) Manajemen ekstrakurikuler jurnalistik dalam meningkatkan ketrampilan literasi menulis siswa di MAN 1 Jember adalah perencanaan program kerja yang efektif seperti pelatihan menulis, pelatihan layouter, serta penerbitan majalah. pelaksanaan program kerja yang tersusun rapi sesuai jadwal. Evaluasi langsung dan evaluasi akhir guna melihat sejauh mana keberhasilan pelaksanaan program kerja yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:12
Last Modified: 19 Dec 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30497

Actions (login required)

View Item View Item