Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhalak siswa di SMK Pertanian Pembangunan Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020.

misrati, ms (2020) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhalak siswa di SMK Pertanian Pembangunan Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MISRATI_T20151008.pdf

Download (6MB)

Abstract

Akhlak adalah pondasi utama bagi manusia sebagai penuntun untuk menjalani kehidupan, oleh karena itu pendidikan akhlak di sekolah berperan penting terbentuknya generasi yang tidak hanya pintar dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki akhlak yang baik. Sehingga guru PAI sangat berperan penting dalam pembentukan akhlak siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peranan guru PAI sebagai pengajar dalam pembentukan akhlak di SMK Pertanian Pembangunan Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana peranan guru PAI sebagai pendidik dalam pembentukan akhlak di SMK Pertanian Pembangunan Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana peranan guru PAI sebagai pembimbing dalam pembentukan akhlak di SMK Pertanian Pembangunan Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam Pembentukan akhlak siswa sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing di SMK Pertanian Pembangunan Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan Penelitian dalam skripsi ini ialah kualitaif deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap kepala sekolah, 2 guru PAI, guru bimbingan konseling dan 2 siswa kelas XI dan XII. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama peranan guru PAI sebagai pengajar dalam pembentukan akhlak siswa dalam perencanaan pengajaran dilakukan sesuai dengan lingkungan sekolah dan kondisi siswa, dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapakan pembelajaran berbasis kemandirian dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif dan menggunakan tekhnolgi pembelajaran, sedangkan dalam evaluasi pembelajaran penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik tidak hanya dilakukan didalam kelas tetapi juga diluar kelas. Kedua peranan guru PAI sebagai pendidik dalam pembentukan akhlak siswa adalah sebagai motivator yaitu memberikan motivasi yang bersifat langsung dan tidak langsung,peran guru menjadi contoh atau teladan seperti dalam hal kedisiplinan, kerapian, mengucapkan salam dan berbicara sopan. Ketiga peranan guru PAI sebagai pembimbing dalam pembentukan akhlak siswa yaitu bimbingan preventif dengan mengadakan pembiasaan ibadah sedangkan peran guru dalam bimbingan kuratif dilakukan langsung saat ada permasalahan dengan siswa dan selanjutnya dilakukan berjenjang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:13
Last Modified: 19 Dec 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30498

Actions (login required)

View Item View Item