Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

zulfiyah ma'idah, siti (2020) Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SITI ZULFIYAH MA’IDAH_084 143 125.pdf

Download (5MB)

Abstract

Menurut Glickman, Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran dmi pencapaian tujuan pembelajaran. Banyak frekuensi pertemuan yang diadakan antara Kepala Sekolah dengan guru dalam berbagai kesempatan, rupanya sangat membantu para guru dalam mengembangkan potensi kinerja guru terutama yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun dalam proses belajar mengajar dikelas masih terdapat siswa yang jenuh dan bosan dengan materi yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan pembelajaran tersebut Kepala Madrasah terus berupaya dalam meningkatkan supervisi terhadap guru agar kinerja guru dapat dimaksimalkan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka fokus permasalahan yang akan diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Jember? (3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Jember?. Dengan memilih lokasi penelitian di MTsn 4 Jember. Adapun penelitian itu untuk mendekripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik kepala madarasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang penjabaran hasil penelitiannya menggunakan penjelasan ilmiah. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, mengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Kemudian untuk memperoleh keadsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, dalam perencanaan kepala madrasah melihat perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru, kemudian ditentukan teknik dan waktu yang tepat pelaksanaan supervisi. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik ini dilakukan setiap awal semester, dengan jadwal yang telah ditentukan. Tetapi terkadang tidak sesuai dengan jadwal, tergantung keinginan dan kebutuhan kepala madrasah. Ketiga, evaluasi formatif yang diterapkan kepala madrasah yaitu dengan langsung menilai kinerja guru pada saat kunjungan kelas. Sedangkan evaluasi sumatif yang dilakukan dengan menindak lanjuti hasil dari penilaian kunjungan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:13
Last Modified: 19 Dec 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30503

Actions (login required)

View Item View Item