Penanaman Nilai-Nilai Religius Dan Toleransi Pada Anak Dalam Keluarga Muslim Di Komunitas Hindu (Studi Kasus Di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi).

FIKRI, YUSUF MUFTI (2020) Penanaman Nilai-Nilai Religius Dan Toleransi Pada Anak Dalam Keluarga Muslim Di Komunitas Hindu (Studi Kasus Di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
YUSUF MUFTI FIKRI_084 141 367.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata kunci: Penanaman Nilai-nilai Religius dan Toleransi, Nilai-nilai Religius dan Toleransi Desa BarurejoKecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi memiliki masyarakat yang heterogen. Umat Islam dan Umat Hindu hidup berdampingan. Hal ini menjadi kendala dan tantangan bagi setiap orang tua untuk dapat menanamkan nilai-nilai toleransi dan religius pada anak mereka. Bagaimana masyarakat memiliki toleransi dan bagaimana penanaman nilai religius pada anakanak mereka menjadi dasar dari penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah Pertama Bagaimana relasi antara umat Islam dan umat Hindu di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, kedua Bagaimana penanaman nilai – nilai religius pada anak dalam keluarga Muslim di komunitas Hindu Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, ketiga Bagaimana penanaman nilai – nilai toleransi pada anak dalam keluarga Muslim di komunitas Hindu Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah: pertama Untuk mendeskripsikan relasi antara umat Islam dan umat Hindu di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. kedua Untuk mendeskripsikan nilai – nilai religius pada anak dalam keluarga Muslim di komunitas Hindu Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. ketiga Untuk mendeskripsikan nilai – nilai toleransi pada anak dalam keluarga Muslim di komunitas Hindu Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus dengan lokasi penelitian di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen, data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu pertama: Relasi antara umat Islam dan umat Hindu di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi adalah Berjalan dengan baik dan harmonis. Kedua: Penanaman nilai-nilai religius pada anak dalam keluarga muslim di komunitas Hindu Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi adalah meliputi nilai Akhlaq, nilai Jujur atau amanah, nilai akidah dan nilai ibadah. Ketiga: Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak dalam keluarga muslim di komunitas Hindu Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi adalah meliputi nilai saling menghargai, saling mengerti, nilai kesetaraan, nilai demokrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:13
Last Modified: 19 Dec 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30504

Actions (login required)

View Item View Item