Implementasi Pendidikan Karakter pada Masyarakat melalui Pembelajaran Kitab Tafsir Al-Qur’an Hasyiatus Showi di Desa Balung Lor Balung.

MUWAFIQURRAHMAN, ANGGA (2020) Implementasi Pendidikan Karakter pada Masyarakat melalui Pembelajaran Kitab Tafsir Al-Qur’an Hasyiatus Showi di Desa Balung Lor Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ANGGA MUWAFIQURRAHMAN_T20151293.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pendidikan karakter diperlukan untuk masyarakat juga, Hal ini dikarenakan pada saat ini masyarakat banyak menyalahi aturan dan norma, seperti tidak disiplin dalam mengerjakan sesuatu, menyalahgunakan tanggung jawab yang telah dibebankan, dan sebagainya. Dengan adanya pendidikan karakter, diharapkan masyarakat mampu menjadi masyarakat yang dapat memberikan kontribusi yang positif bagi lingkungan bermasyarakatnya. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi nilai karakter religius pada masyarakat melalui pembelajaran kitab tafsir Al-Qur’an Hasyiatus Showi di desa Balung Lor Balung? 2) Bagaimana implementasi nilai karakter disiplin pada masyarakat melalui pembelajaran kitab tafsir Al-Qur’an Hasyiatus Showi di desa Balung Lor Balung? 3) Bagaimana implementasi nilai karakter tanggung jawab pada masyarakat melalui pembelajaran kitab tafsir AlQur’an Hasyiatus Showi di desa Balung Lor Balung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter religius pada masyarakat melalui pembelajaran kitab tafsir AlQur’an Hasyiatus Showi di desa Balung Lor Balung 2) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter religius pada masyarakat melalui pembelajaran kitab tafsir Al-Qur’an Hasyiatus Showi di desa Balung Lor Balung 3) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter religius pada masyarakat melalui pembelajaran kitab tafsir Al-Qur’an Hasyiatus Showi di desa Balung Lor Balung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman., yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini antara lain: 1)Implementasi nilai karakter religius dapat dilihat melalui shalat shubuh berjamaah dan membaca rotib (kumpulan doa yang dibaca setelah shalat) bersama-sama, lebih dekat dengan Allah SWT, melaksanakan shalat jamaah lima waktu, dan selalu berdoa ketika hendak melakukan sesuatu. 2) Implementasi nilai karakter disiplin dapat dilihat melalui ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dalam menghadiri kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama, dan masyarakat lebih disiplin dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. 3)Implementasi nilai karakter tanggung jawab dapat terlihat melalui sikap masyarakat dalam mempersiapkan tempat kegiatan dan alat yang digunakan untuk menulis hal-hal yang perlu dicatat dalam proses pembelajaran berlangsung serta belajar materi yang akan disampaikan pada pembelajaran berikutnya, dan lebih bertangungg jawab dalam melakukan hal yang telah menjadi kewajibannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:13
Last Modified: 19 Dec 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30507

Actions (login required)

View Item View Item