STRATEGI PEMBERDAYAAN HARTA BENDA WAKAF (Studi Pemberdayaan Masjid Melalui Business Model Canvas)

Hisan, Moh. Syifa'ul (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN HARTA BENDA WAKAF (Studi Pemberdayaan Masjid Melalui Business Model Canvas). [Research Report] (Unpublished)

[img] Text
DIGILIB LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masjid yang belum maksimal diberdayakan oleh pengelolanya. Oleh sebab itu, keberadaan masjid perlu dilakukan “scale up” agar manfaat dan dampak masjid bagi masyarakat semakin dapat dirasakan sehingga masjid semakin berdaya. Salah satu cara untuk membaca dan membedah potensi yang dimiliki masjid ialah dengan memanfaatkan teori business model canvas. Dengan pertimbangan ini, maka dipandang perlu untuk dilakukan penelitian tentang “Strategi Pemberdayaan Harta Benda Wakaf : Studi Pemberdayaan Masjid Melalui Business Model Canvas”. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Bagaimana implementasi business model canvas dalam pengelolaan masjid ? 2) Apa dampak penggunaan Business Model Canvas bagi pemberdayaan masjid ? Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara umum pengelolaan masjid dengan menggunakan business model canvas. Melalui gambaran pengelolaan masjid umum tersebut selanjutnya dapat dianalisa dampak penggunaan business model canvas bagi pemberdayaan masjid. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-evaluatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti dalam penelitian ini ialah kepustakaan (libary research). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil tulisan yang berhubungan dengan pengelolaan harta benda wakaf berupa masjid, baik dalam bentuk hasil penelitian dan jurnal ilmiah. Data-data tersebut selanjutnya akan dianalisa dengan menggunakan teori business model canvas. Berdasarkan hasil penelitian secara seksama terhadap strategi pemberdayaan masjid melalui business model canvas, maka peneliti dapat memberikan keesimpulan sebagai berikut: 1) Implementasi business model canvas dalam pengelolaan masjid ialah dengan mengisi seluruh aktifitas masjid ke dalam sembilan elemen yang terdiri dari customer segments, value proposition, channel, customer relationship, revenue stream, key activities, key resources, key partners, cost structure. 2) Dampak penggunaan business model canvas bagi pemberdayaan masjid di antaranya ; 1) memperjelas jamaah potensial dan prioritas, 2) menghasilkan program dan layanan yang tepat, 3) membangun kedekatan dengan jamaah, 4) memperbesar potensi pendapatan masjid, 5) memperjelaskan fokus kegiatan masjid, 6) memudahkan identifikasi kebutuhan SDM dan partner, 7) pengelolaan dana masjid lebih efektif dan efisien.

Item Type: Research Report
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Moh. Syifa'ul Hisan
Date Deposited: 29 Sep 2021 10:52
Last Modified: 29 Sep 2021 10:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3051

Actions (login required)

View Item View Item