Manajemen Program Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Meningkatkan Prestasi Di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember.

Rohmah, Khofiyatur (2020) Manajemen Program Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Meningkatkan Prestasi Di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Khofiyatur Rohmah_ T20153036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manajemen Program Ekstrakurikuler Kaligrafi dilembaga pendidikan menjadi hal penting untuk mengasah kemampuan diri peserta didik utamanya dalam hal kognitif, afektif dan psikomotorik. Manajemen Program Ekstrakurikuler Kaligrafi begitu dibutuhkan bagi lembaga pendidikan yang berlatar belakang madrasah yang berada dibawah naungan pesantren, sehingga lembaga pendidikan berbasis madrasah memilki daya saing tinggi dalam hal kaligrafi dan menepis kehawatiran orang tua bahwa pendidikan berbasis madrasah tidak memiliki daya saing dalam hal imu pengetahuan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana pelakasanaan program Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember? 3) Bagaimana pengevaluasian program Ekstrakurikuler Kaligrafi dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan prestasi siswa di madrasah aliyah darus sholah jember, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan prestasi siswa di madrasah aliyah darus sholah jember, 3) Untuk mendeskripsikan pengevaluasian program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan prestasi siswa di madrasah aliyah darus sholah jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah jember dapat dilihat dari seleksi peserta didik dengan mengerjakan soal dan dipilih lima besar berdasarkan nilai yang diperoleh dan profesionalisme pendidik harus linier dengan jurusan yang ditempuh, minimal pernah memenangkan kompetisi tingkat kabupaten dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. 2) Pelaksanaan program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah jember dilihat dari kompetensi peserta didik merujuk kepada kecerdasan, ketelatenan, dan kesabaran peserta didik dan pembinaan pendidik mengambil para alumni yang sudah baik dalam bidang kaligrafi. 3) Evaluasi program ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah jember dilihat dari prestasi peserta didik untuk bidang kaligrafi mulai berkembang dengan menjuarai tingkat provinsi dan kinerja pendidik disesuaikan dengan laporan pembuatan rancangan pembelajaran dan kehadiran pendidik sebelum pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:14
Last Modified: 19 Dec 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30511

Actions (login required)

View Item View Item