Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

mutmainnah, ms (2020) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Mutmainnah_T20154074.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar tematik di kelas VI di MIN 5 Jember sebagaimana hasil observasi penulis dalam pembelajaran tematik yang membosankan peserta didik cenderung pasif guru berperan dominan di kelas. Model Discovery Learning merupakan salah satu yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut karena model Discovery Learning ini menekankan pada pembelajaran yang mana peserta didik menemukan sendiri guru hanya memberikan materi sebagian saja. Jadi dengan model ini peserta didik bisa lebih aktif dikelas terutama dalam membantu memperbaiki hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran tematik pada kelas VI di MIN 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?; (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran tematik pada kelas VI di MIN 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?; (3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran tematik pada kelas VI di MIN 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentar. Sedangkan analisi datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Perencanaan penerapan model Discovery Learning yaitu: a) menyiapkan program tahunan, program semester dan silabus yang disusun dengan sendiri; b) Menyusun RPP yang dibuat sendiri yang didalamnya menggunakan model Discovery Learning; c) menyiapkan media seperti media gambar yang digunakan guru kelas VI d) menyusun rubrik penilaian kognitif. (2) Pelaksanaan model Discovery Learning yaitu pada kegiatan awal guru mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, melakukan appersepsi, menyampaikan tema yang akan dipelajari, menyampaikan tahapan selama proses pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menstimulasi peserta didik dengan memberikan sebuah gambar (Stimulasi), guru memberikan gambar lalu peserta didik mengidentifikasi masalah yang terdapat pada gambar tersebut (Problem Statement) peserta didik diberikan untuk mencari alternatif pemecahan masalah tersebut (data collection), melatih, mencoba peserta didik dan mengeksplorasikan kemampuannya (data prosesing), peserta didik berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas (verification dan generalisasi). Pada kegiatan akhir guru membuat kesimpulan hasil belajar, bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dan guru mengajak semua siswa berdoa. 3) Evaluasi penerapan model Discovery Learning kelas VI yaitu meliputi: a) Evaluasi harian dalam bentuk tulis dan lisan dan juga non tes berupa observasi; b) Evaluasi formatif dalam bentuk tes tulis; c) Evaluasi sumatif yaitu pada akhir semester dalam bentuk tes tulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:14
Last Modified: 19 Dec 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30512

Actions (login required)

View Item View Item