“Strategi Mind Mapping Pada Kitab Fathul Qorib Di Madrasah Diniah Pondok Pesantren Al- Akhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.”

Al Basri, Samnun (2020) “Strategi Mind Mapping Pada Kitab Fathul Qorib Di Madrasah Diniah Pondok Pesantren Al- Akhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.”. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Samnun Al Basri_084 141 502.pdf

Download (35MB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah sisitem pendidikan yang sengaja didirikan dan diselenggarakan dengan hasrat dan niat (rencana yang sungguh sungguh) untuk menyebarkan ajaran dan nilai-nilai Islam, sedangkan Pembelajaran pada hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa. Dalam hal ini materi thaharah dalam mata pelajaran fiqih Fathul Qoribmenggunakan strategi Mind Mapping untuk mencapai tujuan yang didinginkan. Maka dengan ini fokus penelitian yaitu: 1. Bagaimana perencanaan mind mapping pada kitab fathul qorib bab thaharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2. Bagaimana pelaksanaan mind mapping pada kitab fathul qorib bab thaharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?, 3. Apakah faktor pendukung dan faktor penghambat strategi mind mapping pada kitab fathul qorib bab thaharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Dengan tujuan penelitian yaitu: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan mind mapping pada kitab fathul qorib bab thaharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan mind mapping pada kitab fathul qorib bab thaharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat tentang penerapan mind mapping pada kitab fathul qorib bab thaharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena permasalah yang dibahas dalam penelitian ini tidak berkenaan dengan angkaangka akan tetapi menganalisis dan mendiskripsikan strategi Mind Mapping pada kitab Fathul Qorib bab Tharah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren AlIkhlash. Dengan teknik pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang ditemukan oleh peneliti diantaranya: 1.Perencanaan pembelajaran pada strategi Mind Mapping ini menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang di sesuaikan dengan kurikulum KTSP.2 Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi Mind Mapping ini membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan membuat peta konsep sesuai keinginan siswa serta mempersentasikannya. 3.Faktor pendukung strategi Mind Mapping siswa dapat bekerjasama dengan baik dan mengoptimalkan kemampuan siswa untuk memahami materi dengan cepat. Faktor penghambat dalam setrategi ini, membutuhkan waktu yang cukup panjang dan hanya siswa yang aktif yang berperan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:14
Last Modified: 19 Dec 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30513

Actions (login required)

View Item View Item