Implementasi Amaliyah Ahlussunnah Waljamaah An-Nahdliyah dalam pembentukan karakter santri pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember.

Munawaroh, Siti Marfuatul (2020) Implementasi Amaliyah Ahlussunnah Waljamaah An-Nahdliyah dalam pembentukan karakter santri pondok pesantren mahasiswi Al-Husna Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Siti Marfuatul Munawaroh_084 141 079.pdf

Download (7MB)

Abstract

Amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah diterapkan kepada santri mahasiswi agar mereka dapat mengetahui, memahami serta melaksanakan ajaran-ajaran dari Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan artikel dari detik.com news menunjukkan bahwa radikalisme di Universitas Negeri Jember telah memasuki kalangan mahasiswa sebesar 22 persen. Maka dari itu, Amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah penting untuk diterapkan kepada santri mahasiswi agar dapat membentengi diri dari aliran-aliran radilakalisme yang semakin mewabah dikalangan mahasiswi dan lembaga pondok pesantren mahasiswi yang berada di kalangan perguruan tinggi umum, tidak semua Pondok Pesantren yang menerapkan Amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah yang sangat berpengaruh bagi karakter santri mahasiswi. Fokus penelitian ini mengkaji 2 pembahasan yaitu: (1) bagaimana bentuk Amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember?; (2) bagaimana faktorfaktor yang mempengaruhi Amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deksirptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif, model Miles and Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Bentuk amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren mahasiswi Al-Husna Jember yakni: a.) Amar Ma’ruf Nahi Munkar membentuk karakter religius b) Mengharap Barokah membentuk karakter religius dan jujur c) Kegiatan Diba’an membentuk karakter gemar membaca d) Pembacaan tawassul dan tahlil membentuk karakter gemar membaca e) Pembelajaran kitab kuning membentuk karakter gemar membaca f) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW membentuk karakter religius (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember yakni Faktor pendorong antara lain: a) Dorongan orang tua b) motivasi diri c) Evaluasi ikhtibar d) Ukhti Jek (semacam Go Jek). Faktor penghambat antara lain: a) Kurangnya motivasi diri sendiri b) Santri tidak bisa membagi tugas kampus dan kewajiban pondok c) Sistem perijinan yang ketat d) Lingkungan pondok yang berada di perguruan tinggi umum dan jurusan kampus yang tidak sejalan dengan pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:14
Last Modified: 19 Dec 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30514

Actions (login required)

View Item View Item