Peran Wirausaha Pengepul Rongsok Dalam Mensejahterakan Pemulung Untuk Meminimalisir Tingkat Pengangguran di Dusun Jambuan Desa Plalangan

Syauqi, Muhammad Alfian Nuris (2023) Peran Wirausaha Pengepul Rongsok Dalam Mensejahterakan Pemulung Untuk Meminimalisir Tingkat Pengangguran di Dusun Jambuan Desa Plalangan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi B5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat yang hidup dalam kemiskinan, termasuk mereka yang memulung sampah atau barang-barang lainnya, merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang memerlukan perhatian dan penanganan yang seksama. Karena banyak pemulung adalah anggota kelompok masyarakat yang terpinggirkan dan situasi kehidupan mereka kadang tampak di bawah standar, beberapa orang lebih suka menganggap mereka memiliki status sosial yang rendah. Meski begitu, para pemulung ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kebersihan lingkungan melalui aktivitas kerja mereka.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran pengepul rongsok dalam mensejahterakan pemulung di Dusun Jambuan Desa Plalangan? 2. Bagaimana peran wirausaha pengepul rongsok dalam mengurangi angka pengangguran di Dusun Jambuan Desa Plalangan?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peran pengepul rongsok dalam mensejahterakan pemulung di Dusun Jambuan Desa Plalangan. 2. Untuk mengetahui bagaimana peran wirausaha pengepul rongsok dalam mengurangi angka pengangguran di Dusun Jambuan Desa Plalangan
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah para pengepul rongsok, pemulung, tukang sortir/pemulung perangkat desa Plalangan. Analisis data yang digunakan yakni menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk keabsahan data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber.
Dari hasil data-data yang sudah dijelaskan diatas, peneliti menggambarkan kesimpulan sebagai berikut diantaranya: 1. Peran pengepul rongsok dalam mensejahterakan pemulung di Dusun Jambuan Desa Plalangan. Peran pengepul rongsok dalam mensejahterakan pemulung di Dusun Jambuan Desa Plalangan. Dengan adanya pengepul dampak ekonomi yang terjadi kepada pemulung sangatlah baik, yang mana pendapatan pertahun mereka sebelum adanya pengepul Rp14.000.000 hingga Rp18.000.000 sedangkan setelah adanya pengepul rata-rata pendapatan mereka Rp36.000.000 2. Peran wirausaha pengepul rongsok dalam mengurangi angka pengangguran di Dusun Jambuan Desa Plalangan. Dari data pengangguran 5 tahun terakhir diketahui bahwa pengepul rongsok menekan pengangguran hingga terjadi penurunan yang sangat drastis terhadap pengangguran di Dusun Jambuan Desa Plalangan, dengan adanya peluang di lingkungan, pengepul rongsok dapat membuka lapangan kerja untuk masyarakat yang membutuhkan pekerjaan antara menjadi pemulung atau tukang sortir di gudang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Nuris Suyono
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:19
Last Modified: 19 Dec 2023 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30526

Actions (login required)

View Item View Item