Peran Produksi Genteng Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Pada Masyarakat Desa Banyubiru Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana

Safitri, Dwi (2023) Peran Produksi Genteng Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Pada Masyarakat Desa Banyubiru Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi dewi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan fenomena peningkatan output perkapita dalam jangka panjang, dengan penekanan pada tiga elemen utama, yakni proses, output perkapita, dan durasi waktu yang panjang. Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai suatu perjalanan evolusioner, bukan sekadar gambaran statis mengenai kondisi ekonomi pada suatu titik waktu tertentu. Perspektif ini menyoroti sifat dinamis perekonomian, menelusuri bagaimana suatu sistem ekonomi mengalami perubahan atau kemajuan seiring berjalannya waktu. Fokusnya tertuju pada proses perubahan atau perkembangan itu sendiri.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1.Bagaimana Proses Produksi Genteng di Desa Banyubiru Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana?. 2. Bagaimana Peran Produksi Genteng Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Pada Masyarakat di Desa Banyubiru Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1.Mengetahui Bagaimana Proses Produksi Genteng di Desa Banyubiru Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. 2. Untuk Mengetahui Peran Produksi Genteng Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Pada Masyarakat di Desa Banyubiru Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah para tukang molen,pengrajin genteng, buruh, pemilik truk,dan kepala dusun Banyubiru Jembrana. Analisis data yang digunakan yakni menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk keabsahan data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam skripsi ini yakni sebagai berikut:1. Proses produksi genteng di Desa Banyubiru yaitu pertama dengan pemilihan bahan baku, pembersihan serta penyiraman kedua proses penggilingan ketiga proses pencetakan genteng keempat proses penghalusan kelima proses Pengeringan terakhir poses pembakaran dan penyortiran.2.Peran produksi genteng dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yaitu mengatasi permasalahan perekonomian masyarakat dan bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja yang layak bagi masyarakat, pertumbuhan industri terkait, dan memicu aktivitas ekonomi di tingkat lokal maupun nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Dwi Raden
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:39
Last Modified: 20 Dec 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30527

Actions (login required)

View Item View Item