Sari, Yuniar Permata (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SLAWU 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
YUNIAR PERMATA SAEI T20174017.pdf Download (2MB) |
Abstract
Yuniar Permata Sari, 2023: “Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas IV Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Di Sekolah Dasar Negeri Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024”.
Kata kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS)
Implementasi kurikulum merdeka merupakan suatu pemanfaat perangkat perencanaan pendidikan yang disusun untuk proses pembelajaran dengan kebijakan baru kemerdekaan dalam berpikir, kemerdekaan berpikir yang ditentukan oleh guru yang artinya disini guru menjadi peran utama dalam menunjang keberhasilan dalam pendidikan. Pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosisal (IPAS) ialah pendekatan mata pelajaran yang menggabungkan anatara IPA dan IPS, yang dimana pada semester 1 akan memuat pelajaran IPA dan semester 2 akan memuat pelajaran IPS.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan Kurikulum Merdeka Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi Kurikulum Merdeka Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan Kurikulum Merdeka Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan evaluasi Kurikulum Merdeka Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN Slawu 01 Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles dan Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini dapat diambil sebuah simpulan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka kepala sekolah menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan sedangkan guru menyusun modul ajar berdasarkan profil setiap siswa sesuai dengan katrakteristik dan kebutuhan masing-masing siswa. 2) Pelaksanaan diawali dengan melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa, antara lain kesiapan belajar siswa, minat belajar siswa, dan profil belajar. Guru menciptakan situasi pembeljaran agar menarik dengan menggunakan ice breaking. 3) Evaluasi terdiri dari tiga penilaian yaitu evaluasi diagnostik, evaluasi formatif, evaluasi sumatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yuniar Permata Sari |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:39 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30534 |
Actions (login required)
View Item |