Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Literasi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Jember

Khoiroh, Ninik Jazilatul (2023) Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Literasi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ninik Jazilatul Khoiroh_T20193161.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ninik Jazilatul Khoiroh, 2023: Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan
Terhadap Literasi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Jember.
Kata Kunci: Ketersediaan Koleksi Perpustakaan, Literasi, Peserta Didik
Ketersediaan koleksi sangat berhubungan dengan literasi karena berkaitan
dengan buku. Literasi adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta
didik untuk membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, melihat dan menyajikan
bahan bacaan. Koleksi perpustakaan harus disediakan oleh sekolah sebagai
fasilitas bagi warga sekolah untuk belajar dan mencari informasi di perpustakaan.
Ketersediaan koleksi perpustakaan sekolah menjadi penting karena ketersediaan
koleksi perpustakaan dapat menginspirasi siswa untuk lebih giat dalam literasi.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
ketersediaan koleksi perpustakaan yang ada di SMP Negeri 5 Jember? 2)
Bagaimana literasi peserta didik di SMP Negeri 5 Jember? 3) Adakah pengaruh
ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap literasi peserta didik di SMP Negeri 5
Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan ketersediaan
koleksi perpustakaan yang ada di SMP Negeri 5 Jember 2). Untuk mengetahui
literasi peserta didik di SMP Negeri 5 Jember 3). Untuk mengetahui pengaruh
ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap literasi peserta didik di SMP Negeri 5
Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan
terhadap literasi. Menggunakan penelitian survey. Populasi meliputi siswa kelas
VII, VIII, IX yang berjumlah 565 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 85 dengan pengukuran menggunakan rumus Slovin. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis
regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS Statistic 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Ketersediaan koleksi
perpustakaan di SMP Negeri 5 jember dalam kategori tinggi dengan persentase
78%. 2). Literasi di SMP Negeri 5 jember dalam kategori tinggi dengan
presentase 80%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan
koleksi perpustakaan terhadap literasi peserta didik di SMP Negeri 5 Jember
dengan hasil uji t diperoleh nilai sig X sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Diperoleh
juga nilai thitung sebesar 6,995 lebih besar dari ttabel 1,989. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ketersediaan koleksi perpustakaan terdapat pengaruh terhadap
prestasi literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080706 Librarianship
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ninik Jazilatul Khoiroh
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:52
Last Modified: 19 Dec 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30536

Actions (login required)

View Item View Item