MANAJEMEN PEMASARAN AMIL (Strategi Dan Taktik Meningkatkan Awareness Muzakki)

Hisan, Moh. Syifa'ul (2021) MANAJEMEN PEMASARAN AMIL (Strategi Dan Taktik Meningkatkan Awareness Muzakki). [Seminar and Workshop] (Unpublished)

[img] Text
DIGILIB MAKALAH DISKUSI PERIODIK.pdf

Download (814kB)

Abstract

Makalah ini berisi tentang strategi dan taktik pemasaran yang dapat digunakan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dalam meningkatkan awareness calon muzakki. Strategi pemasaran amil dapat dilakukan melalui tahapan segmentasi, targeting, dan positioning. Upaya melakukan segmentasi dapat mempertimbangkan jenis obyek zakat yang menjadi sumber penghasilan calon muzakki yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011. Adapun targeting dilakukan setelah memetakan dan mengetahui sumber pendapatan paling potensial yang berada di daerah setempat. Selanjutnya dilakukan positioning yang bertujuan untuk membangun image amil yang terpercaya di mata masyarakat. Sedangkan taktik pemasaran yang dapat amil lakukan meliputi diferensiasi, bauran pemasaran, dan penjualan. Diferensiasi dapat dihasilkan melalui product (produk), service (pelayanan), personnel (personal), channel (saluran), dan image (citra). Amil zakat dapat memilih salah satu dari varian diferensiasi dan diterapkan ke dalam institusi masing-masing. Sedangkan bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari product, price, place, dan promotion dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Era industri 4.0 dapat dijadikan momentum untuk lebih mengkolaborasikan bauran pemasaran dengan dunia digital dan IT.

Item Type: Seminar and Workshop
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Moh. Syifa'ul Hisan
Date Deposited: 29 Sep 2021 10:52
Last Modified: 29 Sep 2021 10:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item