Heru Wulandari, Tria Novi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI MAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Tria Novi Heru Wulandari T20198064.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media flipchart, minat belajar siswa, hasil belajar siswa
Media flipchart merupakan media cetak berupa kalender yang berisikan suatu informasi/ pesan pembelajaran. Permasalahan yang terjadi pada kelas X di MAN Bondowoso yaitu kurang berminat dalam mempelajari materi biologi karena terdiri dari banyak sub bab, terdapat nama-nama ilmiah dan merasa bosan jika menggunakan LKS saja dalam proses belajarnya. Solusi yang tepat untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan media flipchart dalam proses pembelajarannya.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024?, 2) Adakah pengaruh penggunaan media flipchart terhadap minat belajar siswa di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024?, 3) Adakah pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar siswa di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media flipchart terhadap minat belajar siswa di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024, 3) Mengetahui pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar siswa di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dan desain nonequivalent group posttest only design. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X K sebagai kelas eksperimen dan X I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,38 untuk minat belajar dan hasil belajar memperoleh nilai 83,65. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,36 untuk minat belajar dan hasil belajar memperoleh nilai 74,44. Dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 2) Terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni memperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 menggunakan uji Z. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flipchart terhadap minat belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. 3) Terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni memperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 menggunakan uji Z. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Tria Novi Heru Wulandari |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 09:02 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 09:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30540 |
Actions (login required)
View Item |